Rabu, 22 Agustus 2012

Tips Membeli Kamera DSLR Untuk Pemula

Ini adalah Pengalaman Pribadi. Bukan Pesan Sponsor
Membeli kamera DSLR untuk pertama kali sebagai orang yang baru, adalah suatu keputusan yang sangat membingungkan. Keputusan membeli: mana yang baik, mana yang canggih, mana yang menghasilkan foto yang bagus… duh.. sejuta pertanyaan akan muncul jika nanti dikaitkan dengan asesorisnya. Mau beli yang mana dulu..? memang bukan suatu yang gampang untuk menjawabnya. Disini saya mencoba memberikan tips hasil perburuan saya sebelum keputusan membeli kamera DSLR.

Pengenalan.
Kamera DSLR adalah gadget yang fantastis untuk digunakan sebagai alat mengambil gambar. Tetapi modal untuk menjadi seorang fotografer handal, butuh pengorbanan materi dan waktu. Jika anda ingin terjun ke dunia ini, setidaknya anda harus memiliki sebuah kamera DSLR sebagai senjata andalan anda nantinya.


Buying DSLR for Beginners
Peritimbangan Awal.
1.    MERK.
Pertimbangan soal merk setelah browsing sana sini, saya berpendapat: merk yang banyak dipakai para photographer sampai detik ini adalah CANON dan NIKON. Tidak bisa dipungkiri jika kedua merk ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Kameranya adalah jaminan mutu. Masing-masing produsen seakan berlomba memberikan kecanggihan produknya kepada photographer. Tidak bisa dikatakan kalau NIKON lebih baik daripada CANON. Begitu juga sebaliknya. Semua ada kelebihan dan kekurangan di level produk/Entry yang sekelas. Jadi kesimpulannya untuk saat ini hanya 2 merk ini yang paling bagus. Ini pendapat saya dan bukan promosi akan suatu produk.
Dulu brand image yang ada bagi pemula yang belum punya DSLR berangapan bahwa kalau resolusi kamera yang besar berarti itu bagus. Ternyata pendapat demikian, TIDAK BENAR. Yang membuat sebuah kamera DSLR bagus itu adalah processor yang dibenamkan di kamera tersebut: sinkron dengan fitur yang diberikan seperti match dengan bukan diagfrahma, DoF dsbnya (tidak usah dibahas. Ntar puyeng bin pusing hehehe..). Yang jelas procesor ini adalah hasil uji coba terbaik dari pabrikan, atas hasil pengalaman mereka di dunia photography. Begitu pula cocok dengan lensa yang mereka produksi. Terkadang lensa bawaan kamera merk lain seakan tidak match dengan fitur dan lensanya mengakibatkan kualitas foto yang dihasilkan kurang bagus alias tidak seindah warna aslinya. Jadi untuk ini saya hanya akan membahas pilihan ke 2 merk yaitu Canon dan Nikon.

2.   TINGKATAN/LEVEL
Untuk Canon dan Nikon, DSLR ini mempunyai tingkatan/kasta
  1. DSLR dengan 3 digit angka adalah DSLR Low Entry contoh: Canon 350D, Nikon D300.
  2. DSLR dengan 2 digit angka adalah DSLR Medium Entry. Canon 60D, Nikon D60.
  3. DSLR dengan 1 digit angka adalah DSLR High Entry. Canon 1D Mk IV, Nikon D4.

Masing-masing entry sudah jelas mempunyai perbedaan. Semakin tinggi entry nya itu berarti kamera DSLR tersebut semakin banyak fitur nya. Itu sudah pakem. Tidak bisa dipungkiri lagi.

Perbedaan Entry ini disebabkan oleh:
a.     Resolusi: Resolusi yang menentukan tingkat detail gambar yang dapat ditangkap oleh sensor kamera. Saat ini sensor yang dipakai ada 2 yaitu Sensor CCD dan CMOS. Semakin besar nilai pixelnya maka semakin banyak informasi warna yang dapat ditangkap oleh sensor. Resolusi yang besar akan memudahkan dalam pengeditan hasil jepretan khususnya saat melakukan cropping dapat dilakukan dengan mudah dengan tetap menjaga detail hasil fotonya sendiri. Dengan kata lain kita akan leluasa melakukan pengeditan foto pada kamera 18 MP dari pada yang 6 MP, karena foto 18 MP saat dibuka di komputer detailnya akan terlihat jelas. Jadi resolusi sensor dapat dikatakan bahwa tidak berkaitan langsung dengan kualitas foto. Resolusi sensor ini adalah untuk menentukan resolusi maksimal foto yang dihasilkan. Semakin besar resolusinya maka semakin besar pula foto yang dapat dicetak.

b.     Fitur: Fitur ini terdiri dari masalah pengaturan ISO, DoF, Shutter Speed dll. Biasanya berkaitan dengan pemotretan di tempat gelap, pemandangan (landscape) dll, dengan kondisi suasana yang extreem. Sebaiknya anda coba untuk membandingkan fitur dari kamera DSLR yang ada, satu persatu agar anda mengenal perbedaanya secara teoritis yang simple. Jika tidak tau.. tanyakan kepada sang master photgrpaher, apa maksud dari 1 fitur yang menjadi kelebihan DSLR yang anda bandingkan. Jangan malu untuk bertanya. Nanti sesat di hutan.

c.      Konektivitas: Beberapa jenis kamera DSLR, menawarkan fitur tertentu untuk memindahkan foto-foto dari kamera ke perangkat komputer tanpa melalui kabel data. Perhatikan baik-baik apakah Anda memerlukan kamera yang dilengkapi fitur tersebut atau tidak.


3.   BUDGET
Awalnya, saya punya budget untuk kamera DSLR Low Entry. Karena saya pikir: percuma membeli yang high entry tapi hanya untuk gagah-gagahan saja, alias tidak mengerti bagaimana cara mengoperasikan dan mengoptimalkannya. Memang benar asumsi itu. Tapi saya kembali berfikir, memang yang low entry mudah mengoptimalkannya? Tidak juga. Semua itu pasti akan didapati dengan seringnya belajar dan belajar sehingga akhirnya akan kenal dengan kelebihan dan kekurangan kamera DSLR yang sudah dibeli. Jadi jangan takut untuk memutuskannya.
Pertimbangan pribadi saya sendiri, niatnya membeli yang low entry adalah untuk belajar dulu. Kalau tidak punya kamera sendiri berarti tidak akan tau kecanggihan kamera itu sendiri. Jadi bagaimana...? Mau beli yang mana...? Menurut saya budget ini harus fleksibel. Jangan kaku. Karena saya akhirnya, mengalami trouble untuk memutuskannya setelah semakin banyak, saya membaca kelebihan dan kekurangan kamera itu berdasarkan resensi dan referensi dari para master photographer, baik master Indonesia ataupun dari mancanegara.
Yang penting, anda jangan ragu dengan keputusan sendiri. Tidak akan ada yang sia-sia atas keputusan membeli kamera DSLR karena anda pasti akan bisa mengoptimalkannya. Percayalah…..!!! Banyak hasil karya foto yang mempunyai nilai seni tinggi, hanya dihasilkan dari DSLR Low Entry. Tapi kalau anda punya uang lebih, dapat pertimbangkan untuk yang terbaik tentunya.
Memang tidak bisa dipungkiri: spesifikasi yang ekstra tinggi pada kamera DSLR akan menentukan kualitas. Kualitas akan menentukan harga DSLR. Tapi bukan berarti dengan DSLR Low Entry tidak bisa memhasilkan jepretan yang indah dan ciamik.?

Ke 3 faktor ini biasanya yang mempengaruhi kebimbangan anda dalam memutuskan untuk membeli DSLR mana yang menurut anda paling terbaik.

Result: OPEN YOUR MIND
Prinsipnya: Apapun merk dan type kamera DSLR yang akan anda beli adalah sebuah usaha untuk mendapatkan kualitas foto yang bagus, indah atau bernilai art photography. Tapi hal ini juga dipengaruhi oleh MOMENT. Moment yang ada didepan anda saat itu + skill yang membidiknya. DSLR Tanpa Moment adalah hal juga percuma (khususnya untuk landscape). Intinya apapun merk dan type nya, yang jelas bila digunakan dengan tepat dan mendapat moment yang baik, tentu akan memberikan hasil jepretan yang memuaskan, enak dipandang mata dan orang bisa berdecak kagum melihatnya. Tapi bukan berarti, spesifikasi kamera DSLR yang rendah tidak bisa mendapatkan hasil foto yang prima? No No No..  Bullshit kalau ada yang bilang begitu. karena mereka seakan beranggapan kamera mahal pasti akan dapat hasil yang bagus. Ah..Terlalu ego untuk mengatakan begitu. Mereka tidak tau intinya adalah 3 point untuk mendapatkan foto yang bagus itu, seperti apa yang diungkapkan oleh Master Kha Pie Conk yaitu: punya Kamera DSLR, ada MOMENT dan punya SKILL.

Untuk masalah Merk, JANGAN ANDA PERCAYA dengan kata seseorang bahwa merk ini lebih bagus dari yang itu. Khususnya antara merk Canon dan Nikon yang menjadi referensi saya. Apa sebabnya? Setiap merek pasti punya kelebihan dan kekurangan. NOTHING to PERFECT.. Jadi jangan terpengaruh untuk hal yang satu ini dan jangan anda tanya lagi, Apa yang ini lebih bagus dari yang itu. Oke..? Yang pasti ke dua-duanya dijamin bagus. Canon Good, Nikon juga Good…!!!

Renungan buat pemula: banyak master photographer bilang bahwa didalam dunia fotography, peranan lensa adalah sangat penting karena melalui lensa inilah proses penangkapan gambar oleh sensor kamera terjadi. Banyak yang mengajurkan untuk membeli body kamera entry level yang tidak terlalu mahal tetapi beli lensa yang benar-benar bagus. Jadi semua terpulang kepada anda.


Keputusan Pribadi
Saya sudah putuskan dari hasil referensi yang saya baca baik di forum fotografer atau di website luar negeri, bahwa saya akan membeli kamera DSLR hanya untuk 2 merek saja yaitu: CANON atau NIKON. Kedua merk ini sudah dijamin bagus dan canggih bagi fotographer manapun: pasti  memakai ke 2 merk ini. Coba saja anda lihat sendiri untuk membuktikannya. Photographer fashion, olahraga bola dll, pakai kameranya merk apa?

Kenapa Canon atau Nikon? Karena ke 2 merk ini adalah yang paling baik sampai detik ini, memberikan hasil jepretan yang sangat bagus dan fitur yang fleksibel. Selain itu juga banyak menyediakan lensa pendukung dengan tingkatan lensa yang bermacam-macam. Begitu pula dengan accecories lainnya. Sangat banyak tersedia dipasaran meskipun bukan dari merk Canon atau Nikon yang mengeluarkannya, tetapi availabel dan match buat ke 2 merk ini.

Kelebihan dan kekurangan Canon dan Nikon.
Dari pengalaman saya membanding jepretan foto yang dihasilkan dari kamera canon dan nikon, saya punya kesimpulan tersendiri. (kesimpulan ini tanpa membandingkan teknologi kamera yang dipakai dan bukan karena Promo dari pabrikan). Inilah perbedaannya:
1.     Untuk Canon hasil fotonya terlihat hidup/warm dibandingkan dengan Nikon yang sedikit kelihatan pucat. Orang tidak akan bisa membedakan ini tanpa membandingkannya side by side. Saya tidak tau apakah teknologi CHIP yang dibenamkan pada DSLR ini yang menjadi rahasia kamera DLSR Canon terhadap Nikon.
2.   Untuk ketajaman hasil jepretan: Nikon sedikit lebih unggul dari Canon. Tetapi itu tidak mutlak. Karena ketajaman ini didapat dari Lensa yang digunakan.

Overall, kedua merk ini adalah Sang Juara di diunia photography.

“Nikon dan Canon bersaing secara langsung di bidang kamera dan teknologi presisi (alat pembuat semi-konduktor). Dalam bidang ini, kedua perusahaan ini masing-masing memiliki teknologi yang sama baiknya. Keduanya saling susul-menyusul dari segi teknologi. Rasanya, jarang terjadi salah satu merk terlalu ketinggalan teknologi dari merk satunya lagi. Kalau toh tertinggal, merk yang tertinggal teknologinya tersebut selalu dapat menyusul ketinggalannya tersebut. Kedua perusahaan ini juga memiliki pengikut yang sama fanatiknya. Sehingga tidak bisa dikatakan yang satu lebih baik dibandingkan yang lain.

Selama ini saya menggunakan kamera prosumer Canon powershoot S15 yang pakai Swivel (layar display bisa diputar, tidak fix). Swivel ini sangat terasa manfaatnya waktu mengambil foto dari sudut sempit. Kalaupun saya mau ambil foto dari posisi yang rendah (mata kaki kebawah) saya tidak perlu tiarap kayak tentara, ngotorin baju dan celana saja. Cukup dengan posisi jongkok, taruh kamera dekat mata kaki, putar swivelnya dan klik…..!!!. Itulah salah satu kemudahan yang didapat dengan adanya swivel. Makanya dulu saya berandai-andai jika ada kamera DSLR yang memakai swivel, saya akan beralih dari kamera prosumer sekarang ke DSLR. Setelah ditunggu-tunggu sepertinya pihak pabrikan mendengar doa yang saya inginkan. Awalnya sebagai pemula saya ingin membeli Canon 500D dan nanti saya akan bermain dengan lensa.

Singkat kata… Saat Canon mengeluarkan kamera DSLR Swivel dan lihat spesifikasinya ternyata… Mantap…!!!. Cuma masalahnya lagi-lagi soal budget. Saya harus sabar untuk memilikinya. Setelah cukup money, tanpa lihat kanan kiri lagi, saya langusung beli Canon 60D yang memang sudah sangat saya inginkan.

Keputusan ini bukan berarti merk NIKON tidak bagus. Bukan…!!! Keduanya adalah produk jempolan didalam dunia photgraphy. Masalahnya, saya sudah benar-benar cinta dengan produk Canon 60D. Soal apa yang ada di DSLR tersebut saya sendiri tidak tau dan tentunya harus belajar sendiri dengan experimen yang terus menerus.
Selesai sudah masalah keputusan merk dan seri yang harus dibeli.


RONDE I, Pembelian kamera + Kelengkapan awal.
  1. Beli Canon 60D Body Only harga sekarang Rp 7.700.000,-.
  2. Lensa yang saya ambil mengingat saya suka traveling adalah lensa Sapu Jagat Canon EFS 18-200mm F3.5-5.6 IS. Ini termasuk: bundling Canon 60D Kit 3 (Kit 2 include dengan lensa 18-135mm dan Kit 1 dengan lensa standar 18-55mm). Budget lensa Sapu Jagad ini jika dibeli terpisah Rp. Rp. 5.500.000,- Kenapa saya ambil lensa ini?: biar untuk pertama kali saya pegang kamera ini, saya bisa ambil objek yang dekat (18mm) dan sekalian jauh (200mm). Nanti setelah puas dan ada uang, saya akan lengkapi dengan lensa lensa wide (10-22mm), Macro (100 atau 135mm) dan Tele (70-200mm). Sekarang pakai dulu Lensa Sapu Jagadnya. (lihat lensa yang mau dibeli selanjutnya pada tulisan dibawah).
  3. Filter UV untuk lensa "sapu jagad", setelah compare di beberapa merk dengan pembuktian langsung, akhirnya saya memilih filter merk Solo UV Pro MC 72mm buatan Jerman seharga Rp. 250.000,-. Filter UV ini penting selain untuk menghambat cahaya liar yang masuk ke sensor kamera tapi juga sebagai pelindung lensa dari debu dan baret. Pengalaman saya: Sebaiknya membeli filter UV jangan dilihat dari murahnya (asal2an) tapi lihat dari bening apa tidaknya (bandingkan langsung beberapa merk). Setahu saya: filter UV yg merk agak murah ternyata beda warna kacanya jika dilihat langsung. Ini berarti akan mempengaruhi kualitas hasil foto jepretan.
  4. Pilihan selanjutnya yang wajib saya beli yaitu lensa tambahan dimana photographer banyak yang menggunakannya yaitu Lensa Piconk: CANON EF 50mm f/1.8 II. Lensanya murah dengan budget Rp. 850.000,- tapi hasilnya bening & bisa Macro. Sekalian beli Hood nya juga seharga Rp. 85.000,- agar cahaya liar tidak masuk ke sensor kamera.
  5. Tas kamera merk Zano type NUBag (Bagus, Murah dan Recomended) harga Rp. 165.000. Muat untuk 1 kamera + tele zoom + 1 lensa medium zoom + flash + Acecories, terbuat dari bahan berkualitas Nilon import 1680 (Waterproof). Busa tebal up to 12mm dan ada raincoat Waterproof.
  6. Jangan lupa skalian beli Screen Protector biar tidak gores Foto Display Camera nya. Harga Rp. 15.000 ~ Rp. 20.000,-

RONDE 2, Pembelian Asesoris.
Pelan-pelan setelah punya uang lagi, saya lengkapi besutan saya ini dengan asesorisnya dengan skala prioritas kepentingannya:
  1. Tripod, merk Excell Motto series 2830 harga Rp. 210.000,-.
  2. Battery Cadangan. Pengalaman saya beli battere back up yang murah merk Canon Canon LP-E6 KW-1 seharga Rp. 150.000. membuat saya kecewa saja. Setelah dipakai beberapa kali, kemampuannya langsung menurun drastis alias cepat habis battere nya. Jadi saran saya: Jangan beli battere yang KW-KWan ya. Lebih baik yang original saja meskipun harganya Rp. 450.000,-. Kalau belum punya uang, manfaatkan saja battere bawaannya saja dulu. Tadinya saya mau Battery Grip (Ori) Canon BG-E9 (6 buah battery AA) tapi tidak jadi beli karena kelihatan terlalu gede kameranya: tidak praktis, ribet bawanya dan mahal. Harga Rp. 1.275.000,-. Kalau Battery Grip merk Meiki, dijual dengan harga Rp. 800.000,-. Belum lagi beli battery recharge nya.
  3. Lens Hood merk Universal, berkisar harga Rp. 55.000 ~ Rp. 85.000 (tergantung ring lensa).
  4. Remote kamera (Shutter Release Wireless). Ini sangat penting buat saya karena sering traveling sendirian. Lebih enak kalau punya remote kamera, bisa foto dan gaya sendiri meskipun ada self timer tapi lebih enak pakai Remote Kamera. Jadi kalau mau gaya tidak usah buru-buru dikejar selftimer. Remote yang saya beli merk MR5-JESSON harga murah Rp. 50.000 jangkauan 5 m. bisa dipake untuk merk Canon, Nikon, Pentax, Sony tanpa menyebutkan type nya. Cukup andal dan jangan lupa beli battere nya skalian sebagai cadangan. Tapi saya juga beli remote merk Pixer RF-223 harga Rp. 275.000,- karena jangkauannya lebih jauh. Remote yang Rp. 50.000 saya beli karena alasannya simple aja. PS: Kalau anda ingin membeli remote merk apapun, harus anda cocokan dulu dengan type kamera anda, karena masing type berbeda remotenya. Dengan kata lain: Tanya penjualnya, apakah Available atau tidak dengan kamera yang akan anda beli.
  5. Ransel Kamera. Saya beli di Facebook Onlineshop (tidak usah saya sebut FB nya, kasihan): karena bahan ranselnya tidak bagus, Nilon kasar. Jika tersimpan agak lama akan menimbulkan bercak-bercak putih di ranselnya. Jadi di "forget it" saja.  
  6. Extension Tube (China) untuk foto macro Rp. 100.000,- Kalau merk Kenko Rp. 850.000,-.
  7. Couple Ring: sebuah alat bantu macro yang berfungsi untuk membalikkan lensa di depan lensa. Harga nya Cuma Rp. 60.000,- tidak ada salahnya dilengkapi.
  8. Kalau Blitz, saya belum punya niat untuk membelinya karena blitz bawaan kamera, sudah cukup. Kecuali dalam kondisi yang extreem, baru saya keluarkan blitz merk METZ yang lama (masih bisa dipakai). Harga blitz Canon Speedlite 430EX II Rp 2.750.000,- Tapi ada alternatif jika budget anda terbatas. Beli saja merk Yongnuo RF-602 Wireless Flash Trigger + remote shutter Rp. 350.000,- sudah mantap…!!!.
  9. Dry box, merk TECHNO Rp. 350.000,- Box ini agar kamera/lensa tidak berjamur.
  10. Cable release buat main slow speed kalau anda sudah mengerti masalah slow speed.



Filter yang sangat perlu.
  1. Filter CPL merk HOYA. Filter CPL itu untuk meningkatkan kontras & mengurangi refleksi. Bisa semakin membirukan awan. Bagusnya dilakukan saat matahari berada 90 derajat. Fotonya pasti indah. Filter ini wajib dimiliki bagi yang suka foto Landscape.
  2. Filter ND Fader (ND2-ND400) seharaga Rp. 520.000,-
  3. Filter Close-up Set (+1 +2 +4 +10) harga Rp. 300.000,-

Selesai… sampai disini. Cukup sudah...!!! semuanya dibeli berdasarkan prioritas saja (sesuai kebutuhan). Kalau cuma buat jepret2 alakadarnya saja, cukup beli kamera saja. Tapi ya jangan harap bisa dapat foto yang lebih berkualitas. Kalau belinya yang standar ya dapatnya juga akan standar juga.

Inilah pengalaman saya sebagai pemula dalam membeli kamera. Semoga dapat memberi sedikit pencerahan.

Kesimpulan dan saran.
  1. Untuk point 1 – Canon 60D, ini adalah pilihan saya. Anda boleh saja memilih type lain atau merk Nikon. Karena Nikon juga "Is the best too". Sekarang, yang penting adalah bagaimana keyakinan anda untuk tidak ragu.
  2. Alangkah baiknya jika anda bisa mengcompare satu-persatu, type yang menjadi target anda dengan merk pesaing lainnya. Anda bisa compare di www.dpreview.com.
  3. Setelah anda tau kelebihan dan kekurangan produk yang menjadi target anda, coba anda tanya kepada teman-teman anda yang ahli dan independent dalam dunia photographer atau bisa juga tanya/baca di forum, misal di: www.fotografer.net.
  4.  Jangan membeli kamera apapun di Onlineshop bodong yang banyak mengaku dari Batam. Yang dari Batam itu penipu semua, mereka sebuah sindikat. Jika anda ingin beli kamera belilah di olshop yang terpercaya. Cek alamatnya di google.
  5. Jangan terperdaya dengan website penipu yang memakai dot com. Jebakan batman Olshop penipu ini terlalu banyak didunia maya. Mereka gampang buat web pakai dot com (register pake dotcom, murah. hanya Rp. 100.000,- anda sudah bisa punya website pakai com). Tapi bentuk web Onlineshop Penipu ini biasanya mirip semua (Copas, tukar nama web dan warna saja).
  6. Ciri lain website/Onlineshop penipu itu adalah Menjual kamera dengan harga yang sangat murah.  INGAT ya… setahun saya browsing kamera, belum pernah ada onlineshop yang benar-benar menjual kamera dengan harga yang sangat murah. NEVER….!!! (Discount lebih dari 10% saja itu layak dicurigai, apalagi sampai 50%). Berharap Murah, sudah pasti duit anda Melayang. Percayalah itu, Dijaminnn anda masuk lobang…!!!.
  7. Kamera itu TIDAK ADA harga BLACK MARKET. Saya sudah cek secara langsung di kota Batam, Medan, Pekanbaru… Di Batam sendiri barang-barang sudah mahal. Nama Batam yang identik dengan surga barang murah itu SUDAH TIDAK ADA LAGI bro, Mahallll…
  8. Sekarang kalau ada toko di Batam yang menjual kamera murah, tolong tunjuk tangan dan kasih tau saya, alamatnya dimana?, (Garansi indonesia ya, jangan bilang ala Batam: ini garansi international.. puyeng prettt). 
  9. Biar anda tidak tertipu, saya berikan dibawah tulisan ini, website-website yang benar-benar terpercaya, tempat shoping kamera dan accecoriesnya, oke.


----------------------




Kalau punya duit, Lensa yang menjadi incaran adalah:


  1. Lensa Wide CANON EF-S 10-22mm f/3.5-4.5 USM, harganya Rp 6.300.000,- dan alternatif lain adalah merk Sigma 10-20mm f/3.5 EX DC HSM harga Rp. 6.000.000,- Jangan lupa beli step-up ring agar fiilter CPL atau ND yang ring 72mm bisa dipakai.
  2. Lensa Macro Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp. 7.200.000,- atau alternatif budget murahnya adalah Sigma 150mm f/2.8 APO Macro EX DG HSM Rp. 6.300.000,- atau budget rendah lainnya beli Sigma AF 105mm f/2.8 EX DG Macro seharga Rp. 4.300.000,-
  3. Lensa Tele Canon EF 70-200mm f/2.8L USM harga Rp. 10.100.000,- atau EF 70-200mm 1:4 L USM Rp. 7.300.000,-. Alternatif lensa murah yang bagus merek Sigma APO 70-200mm F2.8 II EX DG Macro HSM harga Rp. 7.100.000,-
  4. Ke 3 lensa diatas rasanya udah cukup komplit untuk perang. Pribadi saya, kalau ke 3 lensa ini sudah dapat, baru lensa sapu jagat Canon EFS 18-200mm F3.5-5.6 IS(setelah puas dipake), DIJUAL. Uangnya buat beli kamera DSLR lagi, yang Low Entry saja dengan lensa standar 18-55mm. Jadi tidak perlu buka pasang terus kalau mau pakai lensa ke 3 diatas.
  5. Buat iseng-iseng, beli Mirror Lens merk Vivitar 800mm f/8.0 Series 1 Multi-Coated Mirror Lens with 2x Teleconverter (=1600mm). Harganya murah Rp. 2.500.000,- Biar bisa foto bulan dengan jelas atau foto burung Albatros kelihatan diujung pulau sana, sedang mandi bugil heheheheee…



Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat untuk anda semuanya, Oke.....!!!


-------------------------


Jajaran Kamera NIKON
kamera-kamera DSLR nya ditandai dengan huruf D didepan angka. seperti:
- D1, D1x, D1h, D2X, D2H, D3, D3X, D3s and D4
- D700, D800 and D800e
- D100, D200, D300, D300s
- D70, D70s, D80, D90 and D7000
- D40, D40x, D50, D60, D5000, D5100
- D3000, D3100, D3200

Jajaran Kamera CANON.
kamera DSLR nya CANON ditandai dengan huruf D dibelakang angka.
- 1Ds, 1Ds Mk II, 1Ds Mk III, 1D X,
- 1D, 1D Mk II, 1D Mk II N, 1D Mk III, 1D Mk IV,
- 5D, 5D Mk II, 5D Mk III
- 7D
- 10D, 20D, 30D, 40D, 50D, 60D
- 300D, 350D, 400D, 450D, 500D, 550D, 600D, 650D
- 1000D, 1100D

Website Terpercaya:

Forum






Baca juga artikel:

Lensa Fix 50mm Yang Istimewa

  Filter Close Up

  Mengenal Lensa DSLR

 

 

Mau Ngerjain Temen, Coba Software ini:

Caricature Studio

 

 

 

 

 

 

 






85 komentar:

  1. Thanks utuk pencerahannya... komplit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berikut Daftar Harga Kamera Canon Terbaru
      Kamera DSLR CANON EOS 1100D Kit
      APS-C Digital SLR, 12.2 Megapixel, LiveView, 2.7″ TFT LCD, SD/SDHC Card Slot, include EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS Rp. 1.900.000
        
      Kamera Canon EOS 70D
      20.0 megapixels, 30 to 1/8,000 seconds, 19-point (all cross-type), tracking, live view: multi, flexible spot, face detect, iso 100 up to 25600 Rp 6.780.000
       
      Kamera DSLR CANON EOS 550D Kit
      APS-C Digital SLR, 18.7 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/
      SDHC/ SDXC Card Slot, 3.0″ TFT LCD, include EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS Rp. 2.400.000
       
      Kamera DSLR CANON EOS 600D Kit
      APS-C Digital SLR, 18 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/SDHC Card Slot, 3.0″ TFT LCD with EF-S 18-55mm F3.5-5.6 II IS Rp. 2.800.000

      Kamera DSLR CANON EOS 60D Kit
      APS-C Digital SLR, 18.0 Megapixel, 3.0″ TFT Vari-angle LCD, SD/SDHC Card Slot, include EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS Rp. 3.250.000

      Kamera DSLR CANON EOS 7D Kit
      APS-C Digital SLR, 18.7 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, CF Card Slot, 3.0″ TFT LCD, include EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS Rp. 8.014.000
      CARA PEMESANAN:
      Nama # Alamat + Kode POS # JENIS/TIPE KAMERA # NO.HP.NO KTP.( Jasa Pengiriman lewat JNE/TIKI ).
      Kirim Ke:……………..[HP]:0853-1012-0333 [PIN]:2B3DAE4E.
      CARA TRANSAKSI:

      *Barang akan Kami kirim setelah pembayaran diselesaikan Ke REK.BENDAHARA KEUANGAN
      TOKO KAMI

      *karna sudah banyak kasus yang mengatakan booking tapi pada akhirnya nggak jadi / Batal,
      akhirnya kami yang diRugikan,
      BARANG SELALU READY STOCK untuk semua MEREK KAMERA DSLR ?

      *Jika anda Tidak Puas / tidak sesuai dengan Keinginan, Barang Bisa di Kembalikan & Uang Kembali
      100% TanpaH adanya Potongan..

      *Pembayaran DP atau JAMINAN melalui via Transfer di BNI / BRI / BANK MUALAT

      *Barang di kirim melalui via TIKI / JNE
      Status pengiriman bisa di cek langsung di website TIKI/JNE
      JIKA BERMINAT SILAHKAN SMS/CALL ( 085310120333 )
      INVITE PIN BB : 2B3DAE4E
      Melayani pengiriman ke seluruh indonesia melalui jasa TIKI/JNE

      ########### DI JAMIN 100% PASTI SAMPAI KE KOTA TUJUAN/ALAMAT KONSUMEN ###########

      Hapus
  2. Makasih buat pencerahannya, maklum pemula pengen tapi g tau apa2....
    makasih banyak buat bantuannya sangat membantu sekali
    mungkin untuk pemula saya mau ambil yg CANON EOS 60D, buat awalan...
    makasih sangat membantu.....

    BalasHapus
  3. Thx,pengalaman anda sangat membatu saya....

    BalasHapus
  4. @galih: Sama2. Sekarang udah keluar produk baru Canon 650-D, bagus juga. Emang sebagai pemula sebaiknya beli accecories kamera pelan2, jangan nafsu :)
    Bravo photographer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om Ohgituto saya mau tanya, apakah kamera dslr ada imitasinya..?
      Terimakasih

      Hapus
  5. kira2 kalo pakek lens bawa'an canon yg kit2 EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS sama pakek lensnya Tamron 70-300mm DI LD MACRO F/4-5.6 ketajamannya enak yg mana ya, soalnya saya mikir kalo punyanya tamron bisa zom lebih jauh sama harganya lebih bersahabat...
    recomentnya gimana?
    thanx....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Tamron 70-300mm DI LD MACRO F/4-5.6 sepertinya sama dengan keluaran Sigma. Saya pake Sigma 70-300mm F/4-5.6 APO DG Macro, tapi terus terang yah kurang mantep. gak setajam lensa Canon EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 apalagi ada IS (Image Stablizer)

      Mending kalo mau macro nya tahan nafsu dulu buat ngumpulin duit utk beli lensa khusus buat makro. gitu Galih....

      Hapus
  6. Thankyou untuk ulasannya. Sangat membantu buat saya yang lagi kebingungan mau beli kamera DSLR. Sekarang saya udah kekeh untuk beli Canon 650D atau Nikon D90. udah gak bingung lagi hehehe.. makasih ya Ohgituto. Ditunggu ulasan lainnya.
    Oh ya, ada website tempat beli kamera atau Lensa DSLR yang murah. Apakah website ini bisa dipercaya, mas? websitenya
    WWW.RIKOMSTORE.COM

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau WWW.RIKOMSTORE.COM saya tidak akan mau beli disana, dijamin itu seller penipu. Gitu juga dengan web WWW.PERTINDO.COM, PENIPU tuh. Perhatikan saya format web nya sama. Biasanya web cuma saling Copas, judulnya aja yg dirobah.

      Intinya: Kalo yang jual kasih discount gede jor joran, dijamin PENIPU. Gak ada web atau orang yang jual kamera/lensa baru discountnya gede/murah banget. NEVER, apalagi dalam stock yang banyak kayak web disebut tadi. Jadi jangan sampe deh terjebak.
      Oke......

      Hapus
  7. Gan, aku beli nikon d5100 di ratu plaza, sudirman jakarta, di toko image shot lantai 2 harga 5,4jt, ada garansinya. Cuma agak aneh, kardus nya tidak di segel dan agak kotor, dan manual book nya fotocopy an. Kira kira tu barang asli apa rekondisi ya?mohon pencerahan nya..mohon pencerahan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kuatir lah kalo punya kartu garansinya dari Alta. Soal booknya fotocopy, saya juga pernah beli camera poket Canon waktu itu di toko daerah Jaksel malah gak dikasih Manual Booknya. Kalo mau pake manual book malah tambah duit kalo gak salah ingat Rp. 150.000,-. Ya akhirnya saya gak mau manual booknya. Biarlah gak ada. Karena saya bisa cari (download) nanti. Kalo masalah itu barang asli atau rekondisi kayaknya nggak deh. Sebenarnya ada cara untuk mengetahui kamera itu udah brapa kali jepretnya. Pernah ditunjukin sama Seller di Pasar Baru. Cuma lupa dimana tombolnya. Barangkali ada temen yang lain yang tau, moga2 bisa sharing…

      Hapus
  8. bagus ulasannya. Sedikit koreksi soal level kamera merk "N*k*n", bahwa type dengan angka 3 digit (misal d300 seperti yg dituliskan) levelnya diatas yang 2 digit (berbeda dengan merk "C*n*n"). Salam

    BalasHapus
  9. MUANTABSS GAN. MAKASIH BUAT INFONYA , DAPAT PENCERAHAN NEH, MAKLUM NEWBIE . SALAM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Gan...
      Moga terang benderang pencerahannya ya..
      Yang jelas.. jangan banyak ragunya ya

      Hapus
    2. CANON EOS 60D KIT (18-200IS)
      Rp 5,000,000
      Resolusi : 18 MP
      Battery : Lithium
      LCD : 3 "
      Memory : SD/SDHC/SDXC
      Garansi PT. Datascrip

      untuk pemesanan
      ketik:
      NAMA#ALAMAT#KODEPOS#NO TELP/HP#NAMA/MERK PRODUK#KODE PRODUK#TYPE#WARNA#JUMLA PESANAN#kirim ke: 0853-1611-0007.

      Hapus
    3. JANGAN BOONGIN ORANG mas Arip Mirsan....
      Canon EOS 60D Kit 3 cuma Rp. 5juta....??? hehehe Imposible....!!! BERANI COD nggak? Kalo gak berani COD berarti PENIPUUUUU..... kalo soal alamat di website sorry gak percaya banget...

      Hapus
  10. Kalau misalnya ada website yang menjual Canon BM , itu gimana ? Emang ada atau itu penipuan?
    Mohon balasannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya untuk camera gak ada barang yang namanya BM. Saya udah jalan ke Medan, Pekanbaru, Padang, Lampung dan Batam gak ada barang BM. Apalagi di Batam yg dulu surganya barang murah dan BM, sekarang mah gak ada lagi. Barang2 di Batam tu mahalllll…. Untuk diketahui: Camera DSLR itu lebih murah di Jakarta daripada di Batam. Apalagi mereka jual pake garansi International, wah keliatannya mentereng tuh pake garansi International. Tapi kalo rusak harus bawa ke Batam lagi. Kalo rusak dibenerin sama Pihak Datascript Indonesia ntar bikin repot aja. Kalo garansi Datascript lebih yakin bisa dibenerin dikota kita berada. Kan datascript punya cabang dimana-mana. Idem kali dengan pihak Alta yang ngeluarin merk Nikon.
      Semoga membantu…..

      Hapus
  11. Asslkm, utk kamera BM, ribetnya jk kamera kt pas Error/Rusak, utk servicenya nanti pasti sulit krn service centre akan kenakan biaya yg lumayan jk ada kerusakan krn tdk ada garansi pabrik tp kartu garansi mis, Canon Datascrip, Nikon Alta ada otomatis mereka pasti menerimanya

    BalasHapus
  12. asslkm, utk pembelian aksesoris kamera, pengalaman saya membeli adl:
    Tas Kamera :
    1. Quarzel Bag
    2. Eibag Tas Kamera.
    Aksesoris Kamera :
    1. Plaza Kamera Surabaya
    2. AksesorisKamera.Net
    3. Aksesoriskamera.com
    Smoga ini dpt membantu. wassalam

    BalasHapus
  13. Untuk urusan kamera digital aku lebih respek kepada Nikon. Vendor ini terbukti memuaskan dgn pengalaman puluhan tahun di bidang grafis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks atas pendapatnya…
      Memang CANON didirikan tahun 1933 dengan nama Seiki-kougaku-kenkyuujo dan NIKON didirikan pada tahun 1917 sebagai Nihon (Nippon) Kōgaku Kōgyō. Tapi Nikon pada awalnya bukan sebagai produsen kamera tetapi hanya sebagai produsen Optik.

      Tahun 1934: Canon membuat kamera dengan nama KWANON (Thn 1947 baru ganti nama CANON). Saat itu Nikon memasok lensa untuk Kamera Canon.

      Tahun 1948 (13 tahun kemudian): Nikon baru membuat kamera dengan nama usulan awalnya: BENTAX, PANNET, NICCA, NIKKA, NIKORET, NIKO and NIKKORETTE. Ketika akhirnya NIKKORETTE yang diputuskan sebagai nama final, nama tersebut berubah kembali menjadi NIKON persis sebelum desain final dihasilkan.
      Jadi kalo menyinggung soal pengalaman grafis: tidak mutlak kita melihat dari perusahaan itu berdiri tapi bukan dispesialisasi kamera. Kamera digital sekarang dipengaruhi juga oleh yang namanya Prosesor. Prosesor Canon saat ini memakai DIGIC 5+ dan Nikon memakai Expeed 3 (FR). Belum lagi cerita image sensornya. Kalo soal perangkat yang ditanamkan didalam kamera soal kelebihan dan kekurangannya pasti akan panjang ceritanya heheheh…. Dan harus ada expertnya.

      Kalo dilihat dari kekuatan Keuangan Perusahan tahun 2011:
      Revenue: Canon ¥3.557 trillion – Nikon ¥887.5 billion (¼ dari Canon)
      Operating income: Canon ¥378.071 billion – Nikon: ¥54.1 billion
      Profit: Canon ¥248.630 billion – Nikon: ¥27.3 billion
      Total assets: Canon ¥3.930 trillion
      Employees: Canon 198,307 - Nikon: 24,409

      Nah segitu brainstormingnya hehehe.. semoga bermanfaat.
      Bagi saya Canon dan Nikon itu sodara, setara dan sejajar dengan kelebihan dan kekurangannya TANPA melihat seniority (udah lama berdirinya) atau harta kekayaannya.

      Hapus
  14. haloo sobatt numpang tanya klo cannon 1100d lumayan bgus gk dengan 500d,550d? dan sy bisa belii di manayah klo di onlinshop terpercaya no 1.

    BalasHapus
  15. saya dapat bapat barang second jarang pake canon eos 20D gimana tuh, saya belum pernah sama sekali iseng aja saya beli karena ngebantu temen. tolong pencerahannya bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo belum ada niat untuk ganti pake aja sob...!!! 20D masih handal kok. masih maknyus

      Hapus
  16. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
  17. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thakyou kembali bro... moga2 artikel ini bisa memberikan pencerahan buat sobat2. tak ada salahnya pengalaman pribadi ini di share kan? daripada di pendam. karena mayoritas kita selalu bimbang dalam memilih kamera digital tapi minim dengan informasi spesifikasi detai nya.
      Bravo bro....

      Hapus
  18. thanks sharingnya mas OhGituTo: ilmu yang bermanfaat buat kita semua para pecinta dan penikmat seni photography. Salam kenal dan semoga makin berkibar sukses, terimakasih. (jeneponto-makassar-sulawesi selatan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali mas Zed Al Makassari. Terimakasih sudah berkenan membaca sharing saya. Saya share karena problema ini pasti kita hadapi dalam membeli kamera untuk pertama kali. Ibarat nyusun skripsi, suka bingung dalam menentukan judul. karena judul ini bagus, judul itu bagus dan judul intu juga bagus.. jadi galau dah :)
      Nah bacaan ini moga bisa mereda galaunya sobat2 dalam memilih kamera digital. sekali membeli, cintailah sepenuh hati hehehe...

      Hapus
  19. mau nanya nih, lebih baik beli 650d atau 60d ya? terimakasih :)

    BalasHapus
  20. Manarik dan bermanfaat. Sayang font yg dipakai kok bikin susah dibaca ya... harus pakai melotot jadi mata jadi cepet capek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake kacamata aja sob. tapi jangan pake kaca pembesar. :) Sorry sob, kalo pake font standar ntar ngeri liat storynya. kepanjangannn... maklum lah sekali cerita susah pendek2 storynya. makanya pake font ini.

      Hapus
  21. sony jg bagus gan, jadi relita didunia ini bukan cma canon dan nikon, being diferrent it will make u proud

    dan sony gak maen SLR, dia mainny SLT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener gan.. tapi sampai saat ini saya masih punya persepsi Umum yaitu Canon dan Nikon.

      Hapus
  22. TOKO. SENTRAL DIGITAL.

    CANON EOS 5D MARK II KIT (24-105 F4L IS)
    Rp 12,350,000
    Resolusi : 21.1 MP
    Battery : Lithium
    LCD : 3 "
    Call for Special Price
    Garansi PT. Datascrip

    CANON EOS 5D MARK III (BODY)
    Rp 14,700,000
    Resolusi : 22.3 MP
    Battery : Lithium
    LCD : 3.2 "
    Memory : CF/SD/SDHC
    Call for Special Price
    Garansi PT. Datascrip

    CANON EOS 5D MARK III KIT (24-105L)
    Rp 18,700,000
    Resolusi : 22.3 MP
    Battery : Lithium
    LCD : 3.2 "
    Memory : CF
    Call for Special Price
    Garansi PT Datascrip

    CANON EOS 600D DOUBLE KIT (18-55 IS II + 55-250 IS II)
    Rp 4,000,000
    Resolusi : 18 MP
    Battery : Lithium LP-E8
    LCD : 3 "
    Memory : SD/SDHC/SDXC
    Call for Special Price
    Garansi PT. Datascrip

    CANON EOS 600D KIT (18-135IS) FREE SDHC 8GB
    Rp 3,900,000
    Resolusi : 18 MP
    Battery : Lithium
    LCD : 3 "
    Memory : SD/SDHC/SDXC
    Garansi PT. Datascrip

    CANON EOS 600D KIT (18-55IS) FREE SDHC 8GB
    Rp 2,800,000
    Resolusi : 18 MP
    Battery : Lithium LP-E8
    LCD : 3 "
    Memory : SD/SDHC/SDXC
    Garansi PT. Datascrip

    CANON EOS 60D BODY ONLY
    Rp 3,600,000
    Resolusi : 18 MP
    Battery : Lithium
    LCD : 3 "
    Memory : SD/SDHC/SDXC
    Call for Special Price
    Garansi PT. Datascrip

    CANON EOS 60D KIT (18-135MM)
    Rp 4,800,000
    Resolusi : 18 MP
    Battery : Lithium
    LCD : 3 "
    Memory : SDSDHC/SDXC
    Call for Special Price
    Garansi PT. Datascrip

    CANON EOS 60D KIT (18-200IS)
    Rp 5,000,000
    Resolusi : 18 MP
    Battery : Lithium
    LCD : 3 "
    Memory : SD/SDHC/SDXC
    Garansi PT. Datascrip

    CANON EOS 60D KIT (18-55IS)
    Rp 3,900,000
    Resolusi : 18 MP
    Battery : Lithium
    LCD : 3 "
    Memory : SD/SDHC/SDXC
    Call for Special Price
    Garansi PT. Datascrip

    CANON EOS 60DA
    BODY
    Rp 6,100,000
    Resolusi : 18 MP
    Battery : Li-ion Battery LP-E6
    LCD : 3 "
    Memory : SD/SDHC/SDXC
    Garansi PT. Datascrip

    CANON EOS 650D BODY
    Rp 3,200,000
    Resolusi : 18 MP
    Ukuran CCD : APS-C (22.3 x " "
    Battery : Lithium LP-E8
    LCD : 3 "
    Memory : D/SDHC/SDXC
    Garansi PT. Datascrip



    CANON EOS 650D KIT (18-135IS)
    Rp 4,700,000
    Resolusi : 18 MP
    Ukuran CCD : APS-C (22.3 x " "
    Battery : Lithium LP-E8
    LCD : 3 "
    Memory : SD/SDHC/SDXC
    Garansi PT. Datascrip

    CANON EOS 650D KIT (18-55IS)
    Rp 3,600,000
    Resolusi : 18 MP
    Ukuran CCD : APS-C (22.3 x "
    Battery : Lithium LP-E8
    LCD : 3 "
    Memory : SD/SDHC/SDXC
    TouchScreen LCD
    Garansi PT. Datascrip

    CANON EOS 650DA kit 18-135 mm
    Rp 7,750,000
    Resolusi : 18 MP
    Battery : Lithium
    LCD : 3 "
    Memory : SD/SDHC/SDXC
    Garansi PT. Datascrip

    CANON EOS 7D (BODY)
    Rp 5,800,000
    Resolusi : 18 MP
    Battery : Lithium
    LCD : 3 "
    Call for Special Price
    Garansi PT. Datascrip

    CANON EOS 7D KIT (15-85IS)
    Rp 8,900,000
    Resolusi : 18 MP
    Battery : Lithium
    LCD : 3 "
    Call for Special Price
    Garansi PT. Datascrip

    CANON EOS 7D KIT (18-135IS)
    Rp 7,100,000
    Resolusi : 18 MP
    Battery : Lithium
    LCD : 3 "
    Call for Special Price
    Garansi PT. Datascrip

    untuk pemesanan
    ketik:
    NAMA#ALAMAT#KODEPOS#NO TELP/HP#NAMA/MERK PRODUK#KODE PRODUK#TYPE#WARNA#JUMLA PESANAN#kirim ke: 0853-1611-0007.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas ARIP MIRSAN....
      apa bener harga CANON EOS 60D KIT (18-200IS)cuma Rp 5,000,000.
      gak mungkin mas...!!! 60D + Kit 3 = Rp. 5juta. impossible...!!!
      kalo iya, berani COD mas? ada barang ada duit

      Hapus
    2. JANGAN PERCAYA DENGAN HARGA KAMERA YANG DITAWARKAN MAS ARIP MIRSAN INI YA. INI PENIPUAN.....!!!

      Hapus
    3. Lihat aja nih yg ketik arip mirsan,)manusia tidak berhati & tidak berprasaan Calon penghuni Neraka, udah jelas-jelas ketahuan Penipu.. Masih aja ngotot Tread dagangan PALSU nya ampe 2x lagi..Ckckck Astagfirullah

      ---------------------------------------------------------------------
      @OhGituTo : Thx Artikelnya yaa.. Sangat bermanfaat gan :) :)

      Hapus
    4. awas ada setaan,,,yg bernama arip mirsa..

      Hapus
  23. Mau nanya nih, temen gue ditawarin Canon EOS 650D katanya barang BNIB (new in box) trus garansi datascript made in Japan. Menurut kaka2nya gmn tuh? Meyakinkan gak sih? Kasian tmn gue baru pemula jadi gatau apa-apa. Mohon masukannya, thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, Yang nawarin siapa? apa dari Olshop. Hati2 kalo dari olshop. Kalo boleh tau Olshopnya apa? Thanks

      Hapus
  24. pencerahan yg luar biasa n sngt bermanfaat bt saya gan..
    mau nanya ni gan,,,,,
    saya mau beli kamera v masih bngung dngn pilahn yg tersedia,saya sich punya 3 opsi gan,diantaranya canon 650D,600D n 60D(all BO),,,bisa kasih saya sran gan mana yg hrus saya pilih diantara ke 3 opsi tsb,beserta alsannya ya gan...

    trima kasih gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok.. saya akan coba kupas tuntas dari 3 opsi itu dalam satu posting. Bentar dulu ya brondonk... saya buat resensinya, woke....

      Hapus
  25. gan, gimana klw toko dari website ini http://www.tokodslr.tk/

    itu bener gk kira ada penipuan

    mohon beritahu y klw itu resmi tidak penipuan

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, iya..Bro Bremen!!! Olshop ini SANGAT dan sangat diragukan….!!! karena:

      1. Toko Komersil atau Olshop biasanya gak mau pake domain gratisan seperti dot.tk ini. Sedangkan pake domain berbayar aja yang dot.com (skrg harganya murah) banyak yang nipu, apalagi pake domain gratisan. Keliatan banget modal dengkulnya.
      2. Saya belum pernah mendapatkan harga kamera DSLR yang harganya miring baik itu di Batam yg “katanya” Sorga harga Murah. Kalo beda harganya gocap sih wajar lah.

      KALAU SAYA JADI ANDA. Saya tidak akan mau beli di website itu. Hati2 dengan hawa nafsu tawaran harga murah yang dapat membutakan fikiran kita yang rasional. Lebih baik beli di website yang rekomended dah.

      Sebagai tambahan ini website udah banyak yg melaporkan spt report dibawah ini

      Diduga penipu:
      Hp: 081919785218, Pemilik sama, dulu tanjungdigital.cu.cc sekarang www.tokodslr.tk - Ini juga nomor yang dahulu 081933245481.
      http://www.ikamart.com/penipu.php?page=9

      http://oku-timurspeed.blogspot.com/2012/05/cara-melaporkan-penipuan-transaksi.html

      Hapus
  26. om kalo ada counter yg memang ngasih discount gede gedean apakah itu menipu juga om?
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Counter artinya anda datang langsung dan melihat barangnya ya. Kalo memang ada disc gede ya gpp, dan sebaiknya Teliti sebelum membeli.

      ►Coba minta liat kamera lain yang sama. gunanya utk membandingkan 2 kamera apakah kameranya ada yang aneh misalnya gores, lensa jamuran. Bisa aja kamera bekas pakai tapi dibilang baru.
      ►Minta kartu garansinya. Kalau kartu garansi, bisa aja keliatan kosong seakan baru karena ada yg jual kamera diberikan kartu garansinya yg msh kosong (belum diisi tanggal belinya)
      Intinya.. perhatikan secara seksama apakah kamera itu terlihat baru dan beroperasi secara normal (gak ada yang error).
      ►Kelengkapannya kamera dalam box, komplit. Ada buku manual dan asesoris kamera yang diberikan produsen Kamera. Coba liat dibuku manual, biasanya dihalaman depan (page 3) dikasih tau kelengkapan apa yg diberikan produsen kamera (Item Check List). misal: Battery, Charger, tali/Strap, Kabel USB. Kabel AV, CD software.

      Kalo komplit, kamera dikasih disc gede-gedean ya silahkan. Intinya anda harus TELITI SEBELUM MEMBELI. Soalnya saya belum pernah liat kamera dijual dengan disc 10-25% (apalagi lebih). Ini untuk kamera DSLR ya... Kalo ada, kasih tau dong dimana counternya, biar bisa beli kamera yang lainnya.

      Sekian, semoga membantu

      Hapus
    2. Om OhGituTo saya mau tanya, apakah kamera DSLR itu ada imitasinya..?
      Terimakasih.

      Hapus
    3. gan,,, saya tau tempat toko yang jual dslr yang lagi promo gede2 an,,,
      ini saya mau beli sih,, tapi masih ragu. soalnya harga yang ditawarkan 1/2 nya....
      ini ada garansi resmi gan, dan barang boleh di cek dulu.
      saya sempet nakutin dia,kalau saya mau kesitu ngajak ahli dibidang kamera, ee... malah di suruh datang.
      ini tokonya di mall plaza marina surabaya,alamat: jl. margorejo indah, di mall plaza marina, lantai 2 blok H-258.

      ini salah satu penjualannya: kamera canon eos1100d kit, harga 2.150.000.
      canon eos600d: 4.600.000
      canon eos 60d kit 1: 5.150.000

      tolong pencerahannya gan..

      Hapus
  27. Bener banget mas gk ada lagi tuh BM yang ada modus tipu2, mending disesuaikan dengan bajet gak usah yang muluk-muluk apa lagi seperti saya yang msh newbie. Ya kalau gak beli second terus cek Shutter Countnya berapa, kalau beruntung dpt harga pas ama dompet barang bagus ya ga,,Piss

    BalasHapus
  28. bro ohgituto... makasih banyak buat tulisannya... berguna banget buat newbie kaya ane yang lagi galau nyari kamera mirrorless perdana...

    ane udah banding2in semua mirrorles yang tengah beredar melalui dpreview... dan pilihan jatoh ke olympus om d m5...

    masalah muncul setelah ane banding2in harga dibeberapa toko kamera ternama...
    seperti diketahui ada beberapa kamera yang dijual berupa paket kit... terkadang kit tersebut sampai 3 jenis...

    kit 1 biasanya body only
    kit 2 body + single lens
    kit 3 body + double lenses

    tolong pencerahannya kira2 kit yang mana yang cocok untuk newbie kaya ane...
    ane cuma pengen kamera yang kompak dan gak ribet gonta ganti lensa untuk foto jauh dan deket...

    makasih sebelumnya bro...

    BalasHapus
  29. Salam kenal om.
    ane numpang jualan memory buat kamera & handphone bos siapa tau ada yang membutuhkan.
    SANDISK
    SanDisk SDHC Class 4

    4 GB : Rp. 50.000/pc
    8 GB : Rp. 70.000/pc
    16 GB : Rp. 125.000/pc
    32 GB : Rp. 225.000/pc(Stock Out)

    SanDisk SDHC Ultra Class 10(30Mb/s)

    16 GB : Rp. 140.000/pc(Stock Out)
    32 GB : Rp. 280.000/pc

    SanDisk Extreme SDHC Class 10 HD Video (30MB/s)

    8GB: Rp. 125.000/pc

    SanDisk Extreme SDHC Class 10 HD Video (45MB/s)


    16 GB : Rp. 215.000/pc
    32 GB : Rp. 420.000/pc

    SanDisk Extreme Pro SDHC Class 10(95MB/s)

    8 GB : Rp. 240.000/pc
    16 GB : Rp. 445.000/pc(Stock Out)
    32 GB : Rp. 800.000/pc
    64 GB : Rp. 1.650.000/pc

    SanDisk Compact Flash Ultra SDHC (30MB/s)

    4 GB: Rp. 170.000/pc(Stock Out)
    8 GB: Rp. 265.000/pc(stock out)
    16 GB : Rp. 450.000/pc(Stock Out)


    SanDisk Extreme Compact Flash UDMA (60MB/s)

    8 GB: Rp. 400.000/pc
    16 GB : Rp. 640.000/pc(stock out)
    32 GB : Rp. 1.065.000/pc(stock out)

    Wintec

    SDHC WINTEC Filemate Professional Class 10
    8GB : Rp. 150.000/pcKosong
    16GB : Rp. 200.000/pc
    32GB : Rp. 300.000/pc

    SDHC WINTEC Filemate Elite Class 10(95MB/s)
    16GB : Rp. 350.000/pc
    32GB : Rp. 650.000/pc

    Telp & SMS : 085723235555
    Pin BB : 2113569E
    WhatsApp : 083893383488
    dapat cod di depan duta merlin

    BalasHapus
  30. gan gmna resensi ttng 3 opsi saya dh slsai kah...
    thanks

    BalasHapus
  31. mas,kalo perbedaan kit1,kit2 dan kit3 apa yaa?untuk pemula 600D, 650D atau 60D?trimakassih

    BalasHapus
  32. thanks atas infonya
    sya tnggalnya di batam, ada toko yg menjul kamera cenon 60d sngat murah
    tp sya ragu apakah barangnya asli atau rekon.
    tolong sya bagaimana memilih kreteria barang asli ?
    sebelumnya terimakasih.

    BalasHapus
  33. Gan harga kamera canon eos 650D itu kalo di toko bagus ada yang jual murah dan masih segel, harganya sekitar 2juta dan 3 jutaan, apakah itu asli apa palsu? trimakasih, mohon komentarnya.

    BalasHapus
  34. Om master...
    saya punya canon 550d kit. saya ingin beli lensa dan lampu bliz, dana yang saya miliki sekitar 5.5 jt.kebutuhan kamera untuk photo wedding, acara sekolah, studio photo.
    1. lensa dan bliz merek apa yang dapat saya miliki?
    2. mendingan salah satu dulu yang dibeli, saran OM master apa yang didahulukan?
    3. melenceng sedikit, bagaimana saran om master : percuma kamera bagus, tapi hasil cetaknya tidak bagus. saran om, printer merek apa yang mendukung agar hasil photo layak jual?

    mohon bantuannya om master, agar tidak salah beli dan tidak meyesal atas pembelian produknya

    BalasHapus
  35. Mas saya mau tanya, ada yang jual kamera canon 60d di toko bagus, harganya cuma 3,9jt. Kit 18-135mm baru dan garansi Datascript, dia juga mau COD dan katanya silahkan cek barang, lokasinya ada di BG Junction Surabaya. Nama Tokonya Revo Digital. Mohon pencerahannya, apakah itu benar atau penipu..trims...

    BalasHapus
  36. Terimakasih banyak info nya sob, sanga-sangat membantu saya, terimakasih sekali lagi sob. . . . .

    BalasHapus
  37. Om gitutoh cara dslr beli buat pemula itu bagaimana? Apakah 60D sudah cukup bagus? Dan lensa 80-200mm harganya berapaan kalau dipasar baru? Mohon infonya

    BalasHapus
  38. gan mau nnya nih
    klo canon edisi kiss X5 itu termasuk low entry atau bukan gan ?
    makasih heheh :D

    BalasHapus
  39. Halo admin, saya ada contact di BB saya yg jual camera slr, NIKON3200 Kit harga 3900.000, apa itu benar ya? apakah camera model itu ada yang palsu?
    dan apakah cocok utk pemula?

    BalasHapus
  40. Permisi mas saya mau tanya dong mas..

    salah satu toko menawarkan berikut
    Canon EOS 600D Double Kit 18-55mm+55-250mm

    Rp 7.994.575

    maksudnya itu dapet 2 lensa atau 2 lensa tersebut bisa di gabung,, thanks

    BalasHapus
  41. artikelnya bagus bro,

    misi yah mau nyocokin dgn artikel aq yang ini Camera.co.id Toko Kamera Murah di Indonesia

    BalasHapus
  42. terimaksih atas pencerahannya mas...

    BalasHapus
  43. Mas ud brp lama beli 60d nya ??
    saya jg ne msh galau gr2 mw beli kamera yg mn rncana ny kmren mw beli yg 700d tp skr jd bingug lg. Kira2 bgus yg mn ne antara 60d dgn 700d
    Mksihhhhh pencerahan ny :-)

    BalasHapus
  44. Mas Admin atau siapa pun..
    Saya ingin membeli kamera DSLR dengan budget uang saya 2juta..
    Terutama saya mau beli Nikon Coolpix P520..
    Ada yang bisa bantu atau menjual kamera?
    Tolong hubungi saya : 083199410823

    BalasHapus
  45. saya salah satu pemula yg sangat menginginkan kamera DSLR,,,dan kebetulan salah satu contac saya d BBM nawarkan kamera yang saya inginkan, dia menjamin asli,bersegel dan bergaransi resmi dan mereka siap COD dengan alamat .ITC Roxy Mas Lt2 No,98. Jl. K.H. Ashim Ashari jakarta pusat10150. menurut mas itu bagaimana???apa bisa dipercaya karna saya kebetulan tinggal di kalimantan selatan. makasih sebelumnya

    BalasHapus
  46. Mas.. sy mau tanya. Sekarang ini ada ga sih kamera palsu atau ga ori atau rakitan atau BM ??
    Soalnua sy liat harga kamera murah2 bgt di tokoxxxxx.com .. tips ny dong mas. Thanks.

    BalasHapus
  47. mas say beli saya udah beli kamera canon 600d tapi kok made in taiwan ya?
    ada bedanya gak mas yang made in japan sama made in taiwan??

    BalasHapus
  48. Artikelnya saya bookmark. Clear explanation! Thanks

    BalasHapus
  49. Om saya baru beli canon eos koss x5 ktanya sih spec nya sama dengan 600d apa yg membedakan itu om?
    apa kiss x5 itu asli atau palsu?

    BalasHapus
  50. kak olshop d fb yg namanya Ilham Kamera terpercaya ga sih? alamatnya https://www.facebook.com/Ilham.kamera547?fref=nf ??

    BalasHapus
  51. kak aku mau beli kamera nih , tapi aku baru pemula nih aku takut kena tipu apalagi aku pake uang hasil sendiri.
    pengennya sih aku beli kamera di olshop Ilham Kamera (https://www.facebook.com/ilhamkamera.257?fref=ufi) tapi itu olshop batam. dia buka toko katanya sih di Mall Nagoya hill lantai dasar blok.B No.18 Batam Kep.Riau
    aku mau nanya olshop di fb Ilham Kamera itu asli penjual terpecaya / orang yg ingin melakukan penipuan y kak?

    BalasHapus
  52. Om aku mau nanya dong
    Aku pengen beli kamera canon 550d. Kira" bagus gk ? Aku juga bingung mau yg kit apa yg body
    Tolong sarannya ya om ��

    BalasHapus
  53. admin mau nanya toko kamera yang terpercaya di jakarta atau bekasi dimana ya? biar ga ketipu

    BalasHapus

-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...