Kamis, 28 Juni 2012

Jika Ex ABG 80an Mengingat Kenangan



Anak muda lebih suka mengatakan “SEJARAH ADALAH SEKARANG”. Orang tua lebih suka bilang, “SEJARAH ADALAH BAGIAN DARI MASA LALU”. Pujangga lebih suka bilang, “SEJARAH DITULIS OLEH PEMENANGNYA, makanya sejarah akan terus berubah sesuai dengan berputarnya kekuasaan”. Tapi saya lebih suka pernyataan Pramudia, “KITA AKAN TERSESAT DIANTARA BANGSA-BANGSA LAIN BILA KITA MELUPAKAN SEJARAH”.
(kutipan http://indonesiancinematheque.blogspot.com/)

Inilah Kenangan jika GENERASI ’80 mengingat yang masih tersisa di memory ex anak gaul Era 80an. Kenangan ini muncul dari anak daerah untuk periode 1975 sd. Tahun 80an, (tamat SMA):




1.     Sepatu No. 1 anak gaul: Puma Wimbledon atau Adidas Top Ten...... aduh Top euyy. Sepatu keds yang lain merk Fila, Lotto & Romika. (Romika pada kmana ya). Kalo cewek suka pake kaos kaki panjang (kayak yang dipakai untuk main bola).
2.       Disco, Lagu Wajibnya Boney. M: Gotta Go Home, Bahama Mama dll, trus ada Earth Wine & Fire “The Groove” -
3.       Film Remaja yang wajib ditonton anak gaul 80’an:
  • Gita Cinta dari SMA: Rano Karno & Yessy Gusman. Dulu anak2 berharap pasangan idola ini bisa married, soalnya pasangan yang serasi banget. Anak2 selalu “ngerumpi” (waktu itu istilah ini belum ada sih) tentang betapa gantengnya Rano Karno dan betapa cantiknya Yessy Gusman. Atau, terkikik-kikik geli saling menceritakan tentang aksi konyol Pong Harjatmo.
  • Puspa Indah Taman Hati: Lanjutan Gita Cinta dari SMA.
  • Galih dan Ratna.
  • Catatan Si Boy: Onky Alexander
4.  Film Barat wajib tonton:
·         Endless Love: Brooke Shield & Martin Hewwit
·         Disco Fever: Jhon Travolta & Olivia Newton Jhon
·         Breakdance: Shabba Doo, Boogaloo Shrimp & Lucinda Dickey
5.       Rokok Djarum, Gudang Garam, Bentoel Filter.. Semua ketengan. Cepek 3 batang…!!!. Ada juga Commodore
6.       Bahasa Gaul adalah bahasa Prokem. Kamusnya klik disini
7.       Disco Party Time. Kalau ngegelar Disco sibuk nyiapin sound system, permen, minuman, kaset disco, penataan Lampu2 wuihh.. ada lampu scotchlight segala. Kalo pake baju putih kena lampu bisa ungu, keren abis dah. Trus.. berlomba menyajikan lagu2 ter-anyar. Lagu wajib: Boney M tapi lagu Zakia nya Ahmad Albar pun asyik buat di disco-in. Anak gank Full kreatif nyariin lagu. Ini akibat wabah John Travolta. Sekarang udah nggak ada lagi acara ngundang2 bikin party. Tau deh… zamannya udah berubah padahal udah 32 tahun yang lalu. Disco dulu sering ketakutan juga, soalnya banyak razia nya dari pak polisi.
8.       Rambut Cewek ngikutin model Lady Dy
9.       Rambut Cowok trendnya belah tengah ala Rano Karno, memelihara kumis dan sampai-sampai menggambar tahi lalat di dagu. Untuk yang terakhir ini, ada yang bahkan nekat mentato bulatan hitam di dagu!
10.     Kendaraan Top adalah Sepeda. Gara-gara Film Gita Cinta meledak, sepeda mendadak booming. Bukan sepeda onthel atau sepeda Federal (belum zamannya waktu itu),  melainkan sepeda mini yang setangnya model lengkung dan punya keranjang di bagian depan. Hihihi..
Semua orang tiba-tiba keranjingan naik sepeda. Dari anak-anak sampai orang dewasa, semua bersepeda. Dan kalau ada sepasang laki-laki & perempuan berboncengan, mereka akan disuit-suitin dan seketika dikatain cieee… Galih & Ratna ni yee….
11.     Pagelaran yang wajib ditonton: Swara Mahardhika – Guruh Soekarno Putra
12.     Barat paling laris: Boney M, Breakdance, Jazzy Tunes, The Police, Phill Collin, Michael Jackson.
13.     Yang sedikit idealis suka musik aliran Jazz Rock: Mixing antara aliran yang sekarang dikenal Fussion dan Acid Jazz dengan tambahan hard beat. Sekarang udah susah dicari. Jazz nya enak didengar. Bikin kaki gak bisa diam.
14.     Kaset the Best of Indonesia dan Pencipta Lagu: Dian Pramana Poetra, Chrisye, 2D, Tito Soemarsono, Fariz RM, Bagoes AA, Yockie. S, Dodo Zakaria, Dorry Kalmas, Embong Raharjo, Eramono Soekaryo, Oddie Agam, Vina Panduwinata, Malida
15.     Lagu Sentimentil Barat: Roberta Flack “Tonight I Celebrate My love For You”, Careless Whisper, Endless Love, I love You “Sophie”
16.     Perusahaan rekaman terkenal di Indonesia: Musica Studio, AR (Atlantic Record), Remaco, Jackson Record, Team Record, Aquarius
17.     Penyanyi Pop: Harvey Malaiholo, Rafika Duri, Maya Rumantir, Nani Sugianto Eddie Silitonga, Hetty Koes Endang, Sherly Melinton
18.     Penyanyi Jazz: Rien Jamain, January Christy, Ermi Kulit, Christ Kayhatu, Indra Lesmana
19.     Penyanyi mellow: Diana Nasution, Betharia Sonata, Iis Sugianto, Dian Pishesa, Obbie Messakh, Pance Pondaag, Christine Panjaitan
20.     Penyanyi Kritik Sosial: Iwan Fals, Doel Sumbang, DKSB (Depot Kreasi Seni Bandung)-nya kang Harry Roesli.
21.     Penyanyi Balada: Franky & Jane.
22.     Penyanyi Rock & Slow Rock: Gitto Rollies, Nicky Astria, Harry Moekti, Renny Jayusman, Dedy Stanza
23.     Kalo manggung EO yang sering ngadainnya: Log Zhelebor.
24.     Kelompok penyanyi: Elfa’s, Geronimo VG, Indonesia 6, Lex Trio, Happy Pretty
25.     TVRI cuman jadi satu-satunya hiburan di dunia pertelevisian. Tidak ada TV swasta yang seperti sekarang menjamur, banyak pilihan. Acara TVRI baik Film atau Program yang suka ditonton:
  • Album Minggu Ini.
  • Selecta Pop
  • Ria Jenaka minggu (siang): Ateng, Iskak, Sampan Hismanto dkk.
  • Aneka Ria Safari dibawain oleh Sri Maryati dan Eddy Sud,
  • Kamera Ria: Frans Hasibuan (sampe sekarang sptnya masih ada ini program). Pembawa acaranya: Eddy Sud, Maryati dan Ika Merdekawati
  • Chandra Kirana yang dibawain oleh Diah Iskandar.
  • Dari Masa ke Masa yang bawain Mariana Ramelan.
  • Telerama Anita Rachman
  • Cerdas Cermat
  • Program Bahasa Indonesia nya Bpk Yus Badudu: Program yang membuat anak2 80an lebih bagus bahasa indonesianya (tiap minggu mengoreksi ucapan bahasa Indonesia yang banyak salah kaprah pengucapannya).
  • English Program: Nisrina H. Nur Ubay, tu selasa malam acaranya.
  • Mari menggambar Pak Tino Sidin: Minggu Pagi
  • Klompencapir
  • Lomba nyanyi anak-anak SD itu apa ya namanya?
  • Quiz “Siapa dia”-nya Olan Sitompul
  • Film boneka Unyil, Masih hapal nama tokoh2 di film si Unyil. ada Ucrit, Usro, Kinoy, Cuplis, Melani, Pak Ogah, Ableh, Pak Raden, Bu Boabo, Pak Lurah dll
  • Ada drama juga yang ditunggu-tunggu (bukan Sinetron hehehe gak kenal istilah itu). Pasti masig inget drama serial: Losmen (Ida leman), Rumah Masa Depan.
  • Tiap acara lebaran di TVRI, yang ditunggu-tunggu adalah operet Papiko-nya Titik Puspa. Wah… pokoknya habis nonton operette Lebaran nya Titik Puspa, abis itu pasti seneng dan bahagia. Apalagi pas besoknya lebaran. Sekarang mana ada lagi yang kolosal gitu. Padahal duit komersialnya utk menayangkannya gak seganas sekarang. Melimpah.
  • Wajib nonton Liem Swie King, Ivanna Lie. Kalau nonton Thomas Cup/Uber Cup, All England cup, serasa kebanggan atas negara republik ini sangat tinggi. Menang terus soalnya. Kalaupun kalah tapi kalah nya betul2 perjuangan (1982 Indonesia kalah 4-5 dg China). Pemain Indonesia terkenal dengan agresifnya. Apalagi Liem Swie King terkenal dengan Jump smashnya. Masih inget juga nonton aksi nya Iie Sumirat mengembalikan smash lawannya dengan cara melewati selangkangannya. Sekarang ahh… melempem pem pemmm.. kayak kue apem.
  • Selalu Nonton peluncuran satelit Palapa A1 (8 Juli 1976), A2 (10 Maret 1977), B1 (18 Juni 1983) yang Diluncurkan dari Kennedy Space Center, Cape Canaveral, AS.
 
Gak kalah ingat juga sama Film Cerita Akhir Pekan, nungguinnya seminggu sekali, engga kayak sekarang tiap hari bisa puluhan film yang bisa ditonton di TV. Inilah film akhir pekan dan film2 seri yang disiarkan malam hari
·         $ 9 million Man – Lee Major
·         Hawai Five-O
·         Bionic Women
·         Startrek
·         CHIPs - Eric Ekstarada, film polisi amerika
·         Return of The Saint,
·         Little House in The Praire,
·         Mannix,
·         BJ & the Bear,
·         Bonanza (masih 80-an ga sih?)
·         Friday the 13th

26.     Celana anak gaul anak 80an adalah celana Baggy (Gede diatas kecil dibawah) merk favorit: Watchout. Ekarnag merk ini masih ada cuma gak sebagus dulu.
27.     Jeans merk Tira, AMCO
28.     Trend Baju kaos Oblong (design dulu lebih bagus dari sekarang) apalagi kalo kaos oblong gambarnya pake cat minyak jadi mengkilat standar anak muda. Ada merk “Q” dan C59.
29.     Kemeja katun jepang (soft) motif kotak2. Kancing baju dibuka.... sisain 2 doang
30.     Majalah Remaja yang Top abis: GADIS (ngetop banget, posternya dikumpulin, karikatur si Jon nya duh lucu banget), Hai.
31.     Majalah Cerpen: Anita Cemerlang adalah barometer bacaan. Sebelum nya ada juga majalah “AKTUIL” dengan bonus “Gambar Setrika” yang bisa disetrika di kaos oblong.
32.     Aktor Laga: Barry Prima, Advent Bangun (sekarang jadi Pastor), George Rudy, Harry Capri.
33.     Aktor yang gak asing: Franco Nero, Charles Bronson, Chen Kuan Tai, Lo Lieh, Fu Shen
34.     Honda bebek C-70 udah bisa gaet cewek
35.     Radio Favorit: Prambor’s Rasonia
36.     Kaset Warkop (Waroeng Kopi)… meledak
37.     Eva Arnaz lagi hot2 nya.
38.     Kalo ke Jakarta nongkrong di Aldiron Blok M. Anak Jakarta biasanya kalo bolos nongkrong disana juga.
39.     Bimbingan belajar paling banyak diikuti: KSM & Siky Mulyono. Masih ada nggak yahhh…
40.     Beli kaset satu di Duta Suara, milihnya 5 jam.
41.     Waktu harga kaset akan naik tgl 31 Juni 1988 dari Rp. 2.750,- menjadi Rp.4.500,-/Rp5.000,-  rame2 negborong kaset.
42.     Naek PPD bayar Rp. 25, lebih bangga kalo bisa ngumpet dari kondektur.
43.     Velg Enkei paling top..ban-nya dibikin model donat.
44.     Sewaktu SMA mengalami perobahan Tahun ajaran dari akhir tahun menjadi pertengan tahun. Bikin nambah lama di skul ½ tahun.
45.     Sebelum tamat pada ngisi “Buku Kenangan”. Yang ngisinya orang2 spesial. Ada yang bikin pakai Kata2 Mutiara.. waduhh, ada yang pake foto. Macam2.. pokoknya kalo habis diisi sama orrang yang very2 special.. deg deg degan nerima buku kenangannya. Ditulis apa yah. J pokoknya semwringin dah…
46.     Yang nge-band ada Gank Pegangsaan, Chaseiro-nya Chandra Darusman, PSP (Pancaran Sinar Petromaks) grup dangdut anak-anak UI.

Mesipun di Era 80’an sgala sesuatunya sangat terbatas tetapi di era in usaha untuk menjaring bakat remaja meskipun sedikit ajangnya tetapi telah menelorkan remaja2 berbakat Luar Biasa dan mereka still eksis sampai sekarang. Ajang ini seperti menerbitkan remaja2 yang abadi dengan karyanya. Dan sangat sering mengharumkan nama bangsa di kancah dunia.
Tidak seperti sekarang. Habis ngetop setelah itu hilang tak berbekas. Sementara ajang mencari bakatnya sangat2 Super Kolosal, jauh kalah kolosalnya bila dibandingkan dengan era 80’an. Bisa kita lihat secuil track recordnya kiprah anak2 80’an, antara lain:

1.     Ajang menjaring penyanyi yang akhirnya menerbitkan penyanyi2/lagu2 terbaik Indonesia adalah: LCCR (Lomba Cipta Lagu Remaja). Memunculkan lagu abadi spt: Lilin-Lilin Kecil “James F. Sundah” dan sampai sekarang barometernya angkatan 80’an tetap Eksis sampai sekarang dan masih sangat enak didengarkan oleh penyanyi d’Cinnamoon. Belum lagi kiprah penanyi seperti Chrisye, Vina Panduwinata. Era ini juga menelorkan musisi2 andal sekaliber: Yockie Soeryoprayogo, Eros Djarot, Raidy Noor, Adjie Soetama, Guruh Soekarno Putra, Addie MS, Erwin Gutawa yang sampai sekarang masih kita dengar nama2 mereka. Sebelumnya era ini ada juga lagu abadi “Damai Tapi Gersang” nya Ajie Bandie yang merebut gelar “Most Outstanding Performance” di WPSF Tokyo bersama dinyanyikan dengan Hetty K. Endang.
2.     Lomba Vocal Group: menerbitkan nama2 hebat spt: Elfa Seciora VG, Geronomi VG dll. Kedua VG ini telah menunjukkan existnya di Luar Negeri. Dan sampai sebelum akhir hayatnya, Elfa masih bisa membuktikan bahwa nama Indonesia dengan VG menjuarai beberapa performance di Luar Negeri.
3.     Ajang mencari Penulis Remaja berbakat seperti sering diadakan Lomba Cipta Cerpen Remaja yang diadakan oleh Majalah Cerpen terkenal saat itu: Anita Cemerlang. Ajang ini telah mengorbitkan nama spt: Zara Zettira ZR yang tetap exist sampai sekarang.
4.     Ajang menjaring Bakat pemeran film pun menerbitkan nama-nama seperti: Rano Karno, Pong Harjatmo, Didi Petet, Mathias Muchus.. yang antagonis dan banyak lagi yang lainnya.


Oke segitu dulu yang ingetnya. Kalo ada yang belum disebut masa Nostalgila SMA nya, bagi2 ya… Biar nambah senyum kalo bacainnya hehehe…. 







 ©http://ohgituto.blogpot.com












9 komentar:

  1. OMG......
    Jadi Ingat masa muda dulu....
    tengkyu masbro udah merangkumnya
    bravo

    BalasHapus
  2. Semoga bisa mengingat kenangan lama kembali

    BalasHapus
  3. detail abizzz :))

    BalasHapus
  4. Ingatan saya melayang ke th80 lagi .. sendu...gmn kabarmu teman2, ...yuni sulistyo alias gilang marantika, umi lestari....juyoto alias jutex parlindungan....aku kangen sama kalian semua...huhuhuu

    BalasHapus
  5. kakak2ku yg lahir tahun 62-65 kayaknya...

    BalasHapus
  6. kakak2ku yg lahir tahun 62-65 kayaknya...

    BalasHapus
  7. kenangan manis yang tak terlupakan

    BalasHapus
  8. Tertutup iklan. Ga bisa dibaca

    BalasHapus

-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...