Selasa, 08 Mei 2012

PENGUMUMAN: Siaga Darurat Gempa dan Tsunami Prov. Sumatera Barat

 


—————————————————————-
————————————-

 
VIVAnews - Sabtu, 5 Mei 2012, 16:03 WIB
Tujuh kabupaten dan kota di Sumatera Barat diminta membangun kesiapsiagaan dalam menghadapi gempa dan tsunami. Dalam surat edaran yang ditandatangani Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, tujuh wilayah itu diminta waspada hingga 30 Juni 2012.
Dalam surat bertanggal 27 April 2012 itu, gubernur menyebutkan ketujuh daerah yang harus waspada, yakni Kota Padang, Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Agam, Pesisir Selatan, Mentawai, dan Pasaman Barat.
Peringatan dini tersebut dilatari kekhawatiran pengaruh gempa Aceh 8,5 SR merembet ke Sumbar. “Peringatan ini dilatarbelakangi telex mendagri terkait ancaman gempa bumi dan tsunami berdasarkan hasil kajian para pakar,” ujar Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, yang dihubungi VIVAnews, Sabtu, 5 Mei 2012.
Terkait tenggat waktu hingga 30 Juni 2012, Irwan mengaku, prediksi ini sulit dicari pembenarnya. “Soal waktu, hanya Allah yang tahu,” ujar politisi PKS ini.
Menurut gubernur, informasi ini sama sekali bukan kabar untuk menakuti, tapi lebih kepada peringatan dini agar Sumbar membangun kesiapsiagaan menghadapi bencana. Bahkan, ia mengakui, staf khusus presiden bidang kebencanaan sudah beberapa kali menyampaikan kabar terkait akan terjadi gempa di Sumbar.
“Sejak 2009, 2010, kami sering terima peringatan seperti ini, tapi pemberitahuan yang resmi baru sekarang,” tambah Irwan. “Secara pribadi, saya berharap, mudah-mudahan ini tidak akan terjadi.”
Irwan mengaku serba salah dengan informasi yang mesti disosialisasikan kepada sejumlah kepala daerah tersebut. “Kalau tidak disampaikan, saya salah, disampaikan, orang berpikir saya menakut-nakuti,” tambahnya. (art) -News Source: http://us.wap.vivanews.com/news/read/310957-gempa-aceh–7-wilayah-sumbar-Zz






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...