Selasa, 01 Januari 2013

Mobil Murah DATSUN "Cheap Car"



Tidak berapa lama lagi Tahun 2014 (bisa lebih cepat tahun ini), Indonesia akan dihampiri mobil murah yang benar-benar murah. Bocoran dari Wall Street Journal, harganya US$ 3.000 sampai US$ 5.000 atau sekitar Rp 28,9 juta sampai Rp 48 juta. Adalah pabrikan mobil asal negeri Sakura: Nissan Motor Company, akan menghidupkan kembali produk merek legendaris Datsun di Tanah Air pada 2014 mendatang. Datsun bakal menjadi bagian dari program mobil murah dan ramah lingkungan yang diusulkan pemerintah Indonesia.
Belakangan desain mobil sedan Datsun beredar di dunia maya. Dilansir Indiancarsbikes, sedan itu terlihat simpel sesuai dengan sketsa yang dipamerkan CEO Nissan Carlos Ghosn saat berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Untuk Datsun sedan diberi Codenamed NKD 2196 akan menggunakan platform dari mobil Rusia LADA Granta, produk mobil Rusia dibawah naungan Avtovaz, di mana 25 persen saham Avtovaz dimiliki oleh aliansi global Renault-Nissan.
Nanti akan ada total 5 varian Datsun yang diluncurkan Nissan, yakni 3 varian hatchback, sedan, dan MPV (Multi Purpose Vehicle). Info terakhir akan ada 6 Varian.

Sedan Datsun yang berkode NKD2196 ini memang belum dibeberkan soal spesifikasi, baik mesin maupun fitur-fiturnya. Namun, tidak akan berbeda jauh dengan sedan Lada Granta di Rusia, karena memang menggunakan platform yang sama.





Launch I di INDIA
Datsun akan hadiri pertama kali di India pada kisaran bulan Juli 2013. Kemungkinan Indonesia juga akan merasakan mobil Datun ini tidak berapa lama setelah Launch Juli 2013 ini meskipun resminya kata pihak Nissan akan diedarkan di Indonesia tahun 2014.
Di India Datsun hadir dengan 3 varian yaitu:  
  • Datsun I2 citycar: Datsun I2 diperkirakan akan dijual di harga 350.000 rupee di kisaran Rp 60 juta
  • Datsun K2 sub-kompak, yang mengisi segmen sub-kompak dikembangkan dengan platform Nissan March dan menggunakan mesin March 1.200 cc 3-silinder.
  • Datsun K2 MPV. Mobil 7 penumpang akan mampu memuat 5 orang dewasa dengan dua anak di kursi baris ketiga


INDONESIA
Datsun meramaikan program Low Cost and Green Car yang saat ini sedang digodok pemerintah. Untuk Indonesia setidaknya ada 2 model Datsun yang akan meluncur yaitu:

  1. Datsun K2 sub-kompak untuk menyaingi: Ford Figo, Toyota Etios, dan Honda Brio.
  2. Datsun K2 MPV: K2 MPV 7 setaer ini bakal bersaing dengan Avanza-Xenia dan Ertiga.



Belum diketahui apakah di Indonesia akan dihadirkan juga mobil anyarnya: Datsun citycar I2 (mirip Hyundai i10). Harganya di pasar India, yakni dikisaran Rp 44,8 jutaan. Dan mobil Datsun I2 ini untuk menghantam kompetitornya seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Tata Nano.
Tapi rumornya setelah 2 varian muncul, maka 1 varian lagi akan dihadirkan sekitar 2,5 d 3 tahun setelah 2 produk awal dipasarkan.

Kita tunggu kemunculannya.......



Kompetitor
.
























2 komentar:

  1. pastinya gak bakalan seharga itu mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga gak yakin... tapi ngeliat harga Datsun local contain india memang harganya segitu... yah gak jauh lah perbedaannya. gak tau kalo di indonesia yang emang dibikin local contain dengan pabriknya di Karawang, Jawa Barat ini jadinya seperti apa...? Kalo mobil Datsun ini ntar jadinya kayak merk Tata.. aku rasa gak ada yg beli juga. Mobil korek api gak modis banget.
      Kita tunggu aja rumor ini. syukur2 bener...!!! Jadi orang gak banyak yg beli motor lagi. cuma siap2 aja jalanan pada macet semua hehehehe.....

      Hapus

-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...