Kamis, 14 Juni 2012

Stempel Kuno Abad 17 Ditemukan

Dua Bangkai Kapal Kuno di Mentawai
Padang Today, Kab. Mentawai - Rabu, 13/06/2012 - 20:39 WIB


Satu stempel kuno, koin perak dan beberapa kendi kembali ditemukan petugas dinas kelautan Mentawai dari bangkai kapal Romawi di Sikakap Kabupaten Mentawai. Keberadaan kapal tersebut berhasil diketahui warga setelah kejadian tsunami di Mentawai 26 Oktober 2010 lalu.

"Saya kira kayu, tapi ternyata stempel yang masih bertinta," kata Hardimansyah, petugas DKP Mentawai  di Pulau Sikakap.






Hardimansyah menyebutkan kondisi stempel tersebut sangat bagus dengan ukiran halus yang masih terawat baik. Stempel tersebut berbentuk kayu memanjang sekitar 18 cm dengan lingkaran sekitar 3 cm.
"Di dalamnya tertulis Adam En Eva in Pardis 1734 dan tulisan seperti tulisan romawi," sebut pria yang akrab dipanggil Mak Itam itu ketika dihubungi Padang Today.

Di Sikakap saat ini terdapat dua bangkai kapal yaitu pada abad 17 dan abad 15. Kapal kayu ini ditemukan dalam keadaan cukup baik dengan panjang mencapai 20 meter, lengkap dengan tiang utama. Sebelumnya Hardimansyah yang juga kepala UPTD Pembibitan DKP Mentawai tersebut telah menemukan beberapa kendi dan barang kuno lainnya. "Semua temuan telah dilaporkan ke DKP dan diteruskan ke yang berwenang," sebutnya. (*)






Bannu Benzwqo






Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...