Senin, 21 September 2015

7 Fakta Menarik dari Vincent Van Gogh



Siapa yang tidak kenal dengna Vincent van Gogh. Dia adalah seorang pelukis belanda yang karyanya terkenal karena keindahan yang kasar, kejujuran emosional dan warna yang berani, ia memiliki pengaruh luas pada abad seni ke-20. Setelah gangguan kecemasan bertahun-tahun yang menyakitkan serta serangan penyakit mental, ia meninggal pada usia 37 akibat luka tembak, dianggap sengaja dikenakan diri sendiri (meskipun tidak ada senjata yang pernah ditemukan). Karyanya kemudian diketahui oleh hanya segelintir orang dan dihargai oleh beberapa.





Van Gogh mulai menggambar ketika masih anak-anak dan ia terus menggambar sepanjang tahun yang mengarahkan dirinya untuk menjadi seorang seniman. Ia mulai menyelesaikan banyak dari karya terkenalnya hanya di dua tahun terakhir hidupnya. Dalam lebih dari satu dekade, ia menghasilkan lebih dari 2.100 karya seni, terdiri dari 860 lukisan minyak dan lebih dari 1.300 cat air, gambar, sketsa dan cetakan. Karyanya termasuk potret diri, pemandangan alam, bunga-bunga, potret dan lukisan pohon cemara, ladang gandum dan bunga matahari.

Berikut 7 fakta menarik yang diambil dari catatan sejarah

1. Jatuh cinta dengan anak gadis majikannya di Den Haag.

Nampaknya Vincent Van Gogh memiliki kecenderungan untuk para wanita. Salah satu pekerjaan pertamanya adalah di sebuah kantor di Kota Den Haag, ia bekerja di sini selama lebih dari empat tahun sampai dia jatuh cinta dengan putri majikannya dan kemudian dipecat dari perusahaan. Hal ini menunjukkan pencarian Van Gogh untuk cinta bahkan dengan mengorbankan hal keuangan.

2. Selamanya dia mencari kebahagiaan.
Vincent Van Gogh adalah seorang pria memiliki gagasan bahwa kebahagiaan adalah segalanya yang dibutuhkan di dunia ini. Tidak ada seorang pun yang bersilang pendapat dengannya, tetapi apa yang menjadi kenyataan adalah bahwa dia selamanya mengejar kebahagiaan itu, dan pada akhirnya tidak mendapatkannya. Keinginan akan kebahagiaan ini dapat terlihat dalam semua upaya artistiknya.

3. Dia menderita dari skizofrenia dan masalah kesehatan mental lainnya.
Menderita gangguan mental seperti skizofrenia mempengaruhi Van Gogh dalam seluruh hidup dan karir artistiknya. Banyak gangguan mental lain melanda artis ini fantastis seluruh hidupnya dan dapat dengan mudah terlihat dalam beberapa pencarian yang paling terkenal artistik. Sebagai seorang seniman individu dan terkenal cerdas, Vincent Van Gogh tahu kapan harus mengatakan kapan dan mengakui dirinya berkali-kali ke rumah sakit jiwa di seluruh Eropa. Setelah dibebaskan dari lembaga karena telah pulih, ia menunjukkan tanda-tanda perbaikan meningkat tetapi ini hanya sekilas saja. Pada akhirnya, ia bunuh diri, setelah serangan depresi.

4. Dia mencintai kesenian Jepang
Van Gogh terpesona kebudayaan Jepang dan menunjukkannya dalam banyak lukisannya dengan bunga sakura dan ikon kesenian Jepang lainnya. Beberapa karya terbaiknya bertema Jepang dan Kepulauan Pasifik terkait.

5. Dia mencintai adiknya Theo.
Tidak bisa dipungkiri ini, cinta Vincent Van Gogh untuk adiknya Theo, diterjemahkan baik waktu dan ruang serta kehidupan dan kematian. Segala sesuatu yang dia capai secara langsung disebabkan saudaranya Theo, bahkan ketika adiknya sedikit atau tidak ada hubungannya dengan prestasi tersebut. Ia sering berbicara tentang saudaranya dalam hal tertinggi dan berkata adiknya lebih baik dan seseorang tidak pernah bisa dia capai.

6. Dia hanya menjual satu lukisan seumur hidupnya.
Vincent Van Gogh menciptakan 2.000 karya seni, 900 lukisan dan 1100 sketsa dan gambar pensil. Dari seluruh karya-karya besar hanya satu yang dijual untuk keuntungan.

7. Istri adiknya Theo yang sebenarnya bertanggung jawab atas popularitasnya hari ini.
Enam bulan setelah Vincent meninggal, Theo meninggal, dan istrinya Johanna mengabdikan sisa hidupnya untuk mendapatkan Van Gogh pengakuan karena merasa dia benar layak. Jika bukan karena usahanya, mungkin kemahiran Vincent tidak akan diketahui dunia.

8. Seniman Van Gogh Potong Telinga Sendiri
Pelukis legendaris asal Belanda itu memamerkan hasil mutilasi diri melalui sebuah lukisan yang sensasional. Dia sengaja memotong telinga kirinya dengan sebilah silet dan menunjukkan penampilan terbarunya itu dengan lukisan.

Laman stasiun televisi The History Channel mengungkapkan, pelukis yang mengidap kelainan jiwa itu melakukan aksi nekat di kediamannya di Kota Arles, Prancis. Van Gogh lalu mendokumentasikan kejadian itu melalui sebuah lukisan berjudul "Self Portrait with Bandaged Ear" (Potret diri dengan Telinga Dibalut).

Saat ini, Van Gogh terkenal sebagai salah satu pelukis jenius dan lukisan karyanya terjual dengan rekor harga tinggi. Walaupun begitu, semasa hidupnya van Gogh merupakan wujud anak lelaki yang tersiksa dan miskin. Dia hanya berhasil menjual satu lukisan.

Vincent Willem van Gogh lahir pada 30 Maret 1853 di Belanda. Berkepribadian tertutup dan pemalu, van Gogh bekerja pada sebuah galeri kesenian. Dia kemudian bekerja sebagai pendeta dalam komunitas penambang miskin di Belgia.

Pada 1880, van Gogh memutuskan menjadi seorang pelukis. Hasil karyanya yang terkenal pada masa itu berjudul The Potato Eaters, 1885 (Para Pemakan Kentang). Lukisannya menggambarkan kehidupan gelap dan suram yang ia alami bersama para petani dan penambang miskin.

Pada 1886, Van Gogh hijrah ke Paris dan tinggal bersama adik laki-lakinya. Theo, seorang penyalur karya seni memberi dukungan keuangan dan memperkenalkan Van Gogh kepada beberapa pelukis seperti Paul Gauguin, Camille Pisarro, dan Georgeus Seurat. Pengaruh orang-orang inilah dan beberapa pelukis lain yang memperkaya lukisan van Gogh. Dia mulai menggunakan lebih banyak warna dalam lukisannya.

Pada 1888, Van Gogh menyewa rumah di Arles, bagian selatan Prancis. Disana Van Gogh berharap menemukan komunitas kesenian dan tidak membebani adiknya. Di Arles, Van Gogh melukis warna-warna cerah pedesaan yang tampak seperti asli, termasuk serial lukisan bunga matahari yang sangat terkenal. Gauguin kemudian tinggal bersama van Gogh di Arles dan mereka bekerjasama hampir dua bulan.

Saat hubungan keduanya memanas, Van Gogh yang saat itu menderita demensia mengancam Gauguin dengan pisau sebelum memutilasi telinganya sendiri. Setelahnya, van Gogh membalut luka di telinga dan memberikan potongannya kepada seorang pelacur di sebuah rumah pelacuran.
Setelah insiden, Van Gogh mendapat perawatan di Rumah Sakit Arles dan melakukan tes kejiwaan di Rumah Sakit Jiwa Saint Remy selama satu tahun.  Selama tinggal di Saint Remy, van Gogh berada dalam masa kemarahan dan kreativitas. Beberapa karya yang muncul pada periode ini dan dikenal hingga sekarang termasuk Starry Night (1889) dan Irises (1889)..

Pada Mei 1890, Van Gogh pindah ke Auvers-sur-Oise, di dekat kota Paris. Di sana van Gogh terus dijangkiti keputusasaan dan kesepian. Juli 1890, van Gogh  bunuh diri dan menembak dadanya dua kali. Dia meninggal dunia dua hari kemudian dalam usia 37 tahun.

Lukisan Lukisan Karya Van Gogh
-------------------------------------------
(1885) Pemakan kentang
(1888) Kamar tidur di Arles
(1888) Teras kafe di malam hari
(1888) Kebun anggur merah
(1888) Kafe malam
(1889) Malam berbintang
(1889) Bunga-bunga Iris *
(1889) Jambangan dengan 12 bunga matahari
(1889) Portrait de l'artiste sans barbe *
(1890) Potret Dr.Gachet *
(1890) Ladang gandum dengan burung gagak
(1890) Perempuan petani dengan latar belakang gandum
* Merupakan lukisan yang mencapai rekor nilai penjualan tertinggi.




1 komentar:

  1. Artikel menarik. Apa kata Vincent Van Gogh tentang pemotongan kupingnya sendiri ?
    Dapatkan jawabannya di dalam wawancara dengan Vincent (imajiner) di http://stenote-berkata.blogspot.com/2017/11/wawancara-dengan-vincent.html

    BalasHapus

-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...