Senin, 02 Juli 2012

No. 1 Big Earthquake in The World


Gempa bumi Chile adalah yang terbesar terjadi di abad ke-20 terjadi. Rupture Zone-nya diperkirakan sekitar 1.000 km dari Lebu ke Puerto Aisen. Episenter gempa ini terletak di dekat CaƱete, sekitar 900 km sebelah selatan Santiago tapi di Valdivia adalah daerah yang paling parah akibat gempa.


Tanah amblas sekitar 1~1,5 m (3-5 ft) terjadi di sepanjang pantai Chile dari ujung selatan Semenanjung Arauco sampai ke Quellon di Chiloe Island. Pergeseran tanah pun terjadi sebesar 3 m (10 ft) di Isla Guafo. Begitu pula tanah longsor terjadi di Lake District Chile mulai dari Lago Villarica ke Lago Todos los Santos.

Data resmi korban yang tewas sebanyak 1.655 orang, 3.000 Cedera dan sebanyak 2.000.000 jiwa kehilangan rumah serta kerugian materil mencapai angka $ 550.000.000 yang terjadi di Chile selatan. Untuk korban tewas, menurut pendapat lain, ini masih jauh lebih sedikit dibandingkan beberapa perkiraan yang mencapai 5.700 jiwa

Namun, di Rothe dan negara bagian lain nya menyatakan bahwa laporan tersebut sangatlah berlebihan. Jumlah korban tewas adalah kurang dari angka tersebut. Karena gempa itu terjadi di tengah-tengah sore hari, banyak dari struktur bangunan telah dibangun untuk menjadi tahan gempa. Serangkaian gempa awal (foreshocks) itupun telah membuat penduduk menjadi Waspada.

Tsunami terjadi hingga Chile selatan, Hawaii, Jepang, Filipina, Selandia Baru timur, Australia tenggara, dan Kepulauan Aleut di Alaska. Tsunami merusak sepanjang pantai Chile, dengan gelombang sampai dengan 25 m (82 ft). Tsunami utama melintasi Samudera Pasifik dan menghancurkan kawasan Hilo, Hawaii. Ombak setinggi 10,7 m (35 ft) atau 10.000 kilometer (6.000 mil) dari pusat gempa, dan juga menerjang Jepang dan Filipina.

Pada tanggal 24 Mei 1960 (2 hari setelah gempa), VolcanPuyehue meletus. Menebarkan kepulan debu dan uap vulkanik setinggi 6.000 m. Letusan itu berlangsung selama beberapa minggu.

Gempa ini didahului oleh 4 gempa pendahulu yang besarnya lebih dari 7,0 SR, termasuk berkekuatan 7,9 pada tanggal 21 Mei 1960 yang menyebabkan kerusakan parah di kawasan Concepcion. Selanjutnya banyak gempa susulan terjadi setelah meletusnya gunung, gempa dan tsunami. Gempa susulan itu berskala 5 sampai dengan 7 SR terus terjadi hingga tanggal 1 November 1960 (hampir 6 bulan kemudian).

Tsunami

Tsunami pun menerjang Hawaii dan menyebabkan 61 orang Tewas serta kerugian sebesar $ 75.000.000; sebagian besar di Hilo, di mana ketinggian tsunami menerjang mencapai 10,6 m (35 ft).
Sementara itu di Jepang juga terkena dampaknya. 1 hari setelah gempa, daerah yang dikunjungi tsunami adalah Honshu utara. Tsunami datang dengan ketignggian 5,5 m (18 ft), menghancurkan lebih dari 1600 rumah dan mencatat 185 orang tewas atau hilang dan kerugian materil sebesar $ 50 juta
Di Filipina, tsunami menghantam pulau-pulau dan menewaskan 32 orang.
Di Pantai barat Amerika Serikat mengalami kerugian senilai $ 500.000. Kerusakan juga terjadi di Easter Island, di Kepulauan Samoa dan di California.


Adminitratif Chile (update 30 Juni 2008)


Sebaran Tsunami
Gempa bumi menghasilkan tsunami yang dahsyat dengan kecepatan sekitar 200 mil per jam melintasi Samudera Pasifik. Gelombang itu menewaskan 61 orang di Hawaii, 138 di Jepang dan 32 di Filipina. Bintang menandai lokasi pusat gempa dan angka di garis kontur adalah waktu perjalanan tsunami dalam  satuan waktu jam .


Tsunami di Teluk Corral dekat Valdivia. Foto ini diambil dari tebing setinggi 30 m. Menunjukkan air laut surut sebelum air pasang kedua tsunami menerjang bibir pantai. Sisi lain dari pemandangan ini diambil dari lokasi yang sama menunjukkan gelombang kedua yang berjarak sekitar 8 m menghempas pantai. Valdivia mengalami kerusakan yang besar karena kedekatannya dengan pusat gempa. Penurunan tektonik Daerah terjadi 5-7 feet. Ada kerugian yang luas untuk lahan pertanian dari banjir. Gerakan tanah horisontal, bukan penurunan, yang disebabkan kerusakan mendasar pada struktur jauh dari garis pantai dan saluran sungai. ●Image Credit: Luis Bernucci.


Ketinggian gelombang terbesar tercatat di Oahu lebih dari 4 m (13 ft). Hilo merupakan kota paling terpukul di Kepulauan Hawaii. Tsunami tiba di Hilo sekitar 15 jam setelah gempa terjadi di Chile tengah atau sejauh, 6.600 mil. Di Hilo gelombang tsunami tingginya 10,7 m. Tsunami mulai menerobos melewati pintu masuk pelabuhan dan terus menerjang sampai ke depan teluk. Distrik bisnis sepanjang Kamehameha Avenue dan dataran rendah sebelah pemukiman dari Waiakea dan Shimachi, hancur total. Kerusakan properti tercatata sebanyak 229 tempat tinggal dan 308 gedung bisnis dan tempat umum. Antara Sungai Wailoa dan Wailuku, air menggenangi daratan setinggi 6 m (20 ft) di atas permukaan laut. ●Image Credit: Honolulu Star Bulletin.






Pemandangan dari Udara: Daerah pantai/pesisir yang mengalami kerusakan berat akibat terjangan tsunami setinggi 10 m (33 ft) di Isla Chiloe, Chile. Dilaporkan 200 orang meninggal akibat tsunami. Penduduk setempat yang takut dengan gempa, langsung naik ke perahu kecil mereka untuk menghindari getaran. Tapi hanya 10-15 menit setelah gempa, tiba2 gulungan gelombang tsunami muncul 500 m dari pantai . Foto ini memperlihatkan rumah2 orang pesisir seperti  tercabut dari fondasinya dan ombakpun menghempasrumah penduduk secara brutal. Setelah laut tenang ternyata semua perahu yang digunakan penduduk untuk evakuasi ke laut ternyata sudah lenyap dan hilang tidak berbekas. ●Image Credit: NOAA/NGDC


Foto Sebelum dan Sesudah terjadinya tsunami di desa Queule. Daerah ini mengalami kerusakan parah akibat amblasnya tanah dan digenangi air banjir akibat tsunami. Rumah, perahu dan pohon tumbang dihanyutkan ber mil-mil oleh tsunami setinggi 13 feet.


Kerusakan parah dari goncangan terjadi di daerah Montt Valdivia-Puerto. Sebagian besar korban dan banyaknya kerusakan diakibatkan adanya tsunami besar yang menyebabkan kerusakan di sepanjang pantai Chile dari Lebu ke Puerto Aisen dan di banyak daerah di Samudra Pasifik. Puerto Saavedra benar-benar hancur oleh gelombang yang mencapai ketinggian 11,5 m (38 ft) dan membawa rongsokan sisa-sisa rumah sejauh 3 km (2 mil). di Corral ketinggian gelombang tsunami mencapai 8 m (26 ft) dan telah menyebabkan banyaknya kerusakan.


Sebuah foto dari daerah tsunami yang merusak bangunan di Hilo, Hawaii. Tampak dalam foto tersebut suasana setelah dibersihkan oleh alat berat dari sampah2 yang bertebaran sisa gelombang tsunami.


Inundation at Valdivia.
Note the damaged houses and riverbank failure. The photo is taken almost at the confluence of the Valdivia River with the Calle- Calle River (top right, out of the photo). Part of the shoreline street is submerged. The tsunami runup of 10 m (33 ft) dislodged some structures and washed others away. Valdivia suffered catastrophic damage because of its proximity to the epicenter of the massive quake. Regional tectonic subsidence of five to seven feet occurred. There was extensive loss to agricultural lands from flooding. The horizontal ground motions, not the subsidence, caused the principal damage to structures away from shorelines and river channels. Older masonry structures were hard hit by the earthquake. However, many wood frame buildings performed well. ●Image Credit: Pierre St. Amand.

 Gempa Chile merusak Gereja

Structures were destroyed by a 10 m (33 ft) wave. Some houses and structures were swept against the hillsides. Others were swept out to sea. Valdivia suffered catastrophic damage because of its proximity to the epicenter of the massive quake. Regional tectonic subsidence of five to seven feet occurred. There was extensive loss to agricultural lands from flooding. The horizontal ground motions, not the subsidence, caused the principal damage to structures away from shorelines and river channels. Older masonry structures were hard hit by the earthquake. However, many wood frame buildings performed well. ●Image Credit: Pierre St. Amand.

Awal operasi pembersihan di Hilo. Gelombang merobek 22 ton batu-batu dinding laut setinggi 3 m (10 ft) dan menghanyutkannya sejauh 180 m (hampir 700 ft) di Taman Mooheau tanpa merusak rumput. Hilo merupakan kota paling terpukul di Kepulauan Hawaii. Tsunami menerjang Hilo sekitar 15 jam setelah tsunami yang dipicu gempa terjadi di Chile Tengah atau sejauh 6.600 mil. Ketinggian tsunami yang datang = 10,7 m dan menerjang melewati pintu masuk pelabuhan dan sampai ke depan teluk. Distrik bisnis sepanjang Kamehameha Avenue dan dataran rendah sebelah pemukiman dari Waiakea dan Shimachi, hancur total. Kerusakan properti sebanyak 229 tempat tinggal dan 308 bangunan bisnis dan tempat umum. Antara Sungai Wailoa dan Wailuku, tsunami memasuki tanah daratan dengan ketinggian 6 m (20 ft) di atas permukaan laut. ●Image: Pacific Tide Party.


                 Bangunan hancur semua, Kota Porak poranda                                                      Tanah terbelah akibat gempa

Tsunami menerjang kota





Tahun 1960 setelah Tsunami Chile di Hilo. Daerah Waiakea di Hilo, Hawaii atau 10.000 km dari daerah pusat gempa chile. Terlihat “Parking Meter” yang dibengkokkan oleh kekuatan gelombang tsunami dan menjadikannya puing-puing yang berserakan. Puing-puing itu telah tercabut dengan mudahnya. Ini lah tsunami yang dihasilkan oleh gempa bumi yang terjadi di lepas pantai Chile tengah, mempengaruhi Pasifik Basin. Salah satu daerah yang paling parah terkena dampaknya  adalah Hilo, Hawaii, di mana 61 orang meninggal dan kerugian materil  sebesar $ 24 juta. ●Image Credit: U.S. Navy




1 komentar:

-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...